Gerakan Pengurangan Risiko Bencana untuk Ketangguhan ASEAN

Manado – Paradigma baru untuk penanggulangan bencana perlu disadari bahwa kompleksitas dari strategi penanganan permasalahan bencana memerlukan suatu kerjasama dan dukungan semua pihak dalam penanggulangannya terutama dalam upaya mengembangkan budaya pengurangan risiko bencana, sehingga dapat dilaksanakan secara terarah dan terpadu. Gerakan Pengurangan Risiko Bencana merupakan sebuah investasi jangka panjang untuk membangun ketangguhan penanggulangan bencana dengan mewujudkan peningkatan pemahamanan PRB yang melibatkan peran aktif lintas masyarakat, lintas sektor bahkan lintas negara.
Pada tahun ini Indonesia telah ditunjuk sebagai Keketuaan dalam pertemuan ke 29th ASEAN Committee on Disaster Management (ACDM) yang merupakan media untuk berbagi informasi dan pengalaman pembelajaran bencana sesama ASEAN Member State. Pelaksanaan 29th ACDM 2016 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 11 – 13 Oktober 2016 ini bersamaan dengan agenda 4th ASEAN Ministrial Meeting on Disaster Management (AMMDM) dan juga bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional 2016 di Kota Manado Sulawesi Utara. 

Pada hari ini (8/9) dilaksanakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan 29th ACDM, 4th AMMDM dan peringatan Bulan PRB Nasional 2016 yang dipimpin langsung oleh Kepala BNPB Willem Rampangilei dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Steven Kandaow di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara. Agenda Gerakan PRB untuk Ketangguhan ASEAN ini akan dihadiri oleh 3000 orang lebih ini, diharapkan dapat memberikan energy positif, awareness masyarakat dalam membangun budaya sadar bencana, budaya PRB, budaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Kesiapan Kota Manado sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini karena pengalamannya dalam melaksanakan ARF Direx 2011 dan event internasional lainnya, selain juga Kota Manado masuk dalam prioritas penurunan Indeks Risiko Bencana Indonesia. 


Masyarakat Kota Manado dan Sulawesi Utara diharapkan dapat berpartisipasi langsung  pada acara ASEAN Day on Disaster Management dan kegiatan PRB yang meliputi Rally PRB, lomba cerdas cermat, mengarang, pidato, pemetaan dan technical session yang akan dilaksanakan di Hotel Novotel Manado dan serta pameran PB yang akan dilangsungkan di Komplek Megamas.  Selain itu juga pada event ini akan diadakan Gerakan Pengurangan Risiko Bencana untuk penananaman mangrove dan transplantasi terumbu karang di Pantai Bahowo, Kelurahan Tangkoina serta penghargaan bidang kebencanaan pada Malam Tangguh Award 2016. 


Humas BNPB

Related posts