Gempa 5,6 SR Tidak Berpotensi Tsunami

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempabumi 5,6 SR di 31 km barat daya Nias Utara atau 36 km barat laut Nias Barat Sumatera Utara pada Minggu (14/9/2014) pukul 11.52 WIB. Pusat gempa di laut pada kedalaman 14 km. Pusat gempa berada pada zona subduksi lempeng Hindia Australia dan lempeng Eurasia di sisi luar dari lempeng Eurasia. Gempa tidak menimbulkan potensi tsunami.

Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengkonfirmasi dampak gempa di lokasi. Gempa terasa sedang hingga kuat selama sekitar 5 detik di Nias Selatan dan Nias Utara. Masyarakat sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat masih melakukan pendataan. Beberapa daerah lain sedang dikonfirmasi petugas Posko BNPB. Informasi lebih lanjut akan disampaikan setelah pendataan selesai.

Sementara itu, dampak gempa 5 SR di 14 km barat daya Tanah Datar pada 11 September 2014 telah menyebabkan 18 rumah rusak sedang, 187 rumah rusak ringan, 3 sekolah rusak sedang, 28 sekolah rusak ringan, 1 puskesmas rusak ringan, dan 6 mushola rusak ringan. BNPB telah mengirimkan tim reaksi cepat mendampingi BPBD Kabupaten Tanah Datar dan BPBD Kota Padang Panjang melakukan pendataan. Bupati Tanah Datar menetapkan masa tanggap darurat 11 hingga 24 September 2014.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts