GELAR PERSONEL DAN PERALATAN MM DIREX 2014

Berdasarkan hasil analisis risiko, megathrust Mentawai merupakan salah satu dari  empat kawasan utama yang memiliki risiko dan probabilitas tsunami tinggi.  Dengan adanya risiko yang dihadapi oleh masyarakat wilayah Sumatera Barat tersebut, maka perlu  diambil tindakan nyata untuk penguatan kapasitas melalui rangkaian kegiatan latihan bersama yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, baik di tingkat lokal, nasional dan regional/internasional. Kegiatan latihan bersama yang dinamakan “Mentawai Megathrust Disaster Relief Exercise (DIREX)”, dengan tema “Strengthening Collaboration and Partnership in Disaster Response to Build a Resilient Region“, terdiri dari Table Top Exercise (TTX), Command Post Exercise (CPX), Field Training Exercise (FTX), Humanitarian Civic Action (HCA) dan Evakuasi Mandiri. 

Dalam Sambutannya, Drs. Bintang Susmanto N, AK, MBA selaku inspektur upacara, menuturkanGelar Personil dan peralatan MM DIREX 2014 yang saat ini berlangsung dimaksudkan sebagai sarana untuk mematangkan dan memastikan kesiapan panitia, tim perancang maupun peserta latihan yang berasal dari berbagai Kementerian/Lembaga/Instansi pusat maupun daerah sebelum pelaksanaan kegiatan final Mentawai Megathrust Disaster Relief Exercise 2013 – 2014.  Agar upaya pengurangan risiko bencana untuk Tsunami dapat dilakukan secara menyeluruh, maka Pemerintah Indonesia, dalam hal ini BNPB bersama beberapa Kementerian/Lembaga terkait menyusun Master Plan Pengurangan Risiko Bencana Tsunami yang mempunyai empat program utama, yaitu penguatan rantai peringatan dini tsunami, pembangunan dan peningkatan tempat evakuasi sementara, penguatan kapasitas kesiapsiagaan dan PRB, dan pembangunan kemandirian industri kebencanaan, “ ujar Bintang.

Acara yang berlokasi di Skuadron 17 Lanud Halim, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan peralatan seperti UGD lapangan dan RS lapangan milik TNI. Acara ini diikuti oleh TNI AU, AD dan AL, Polri, Kemenkes, Basarnas, Taruna Tangga Bencana (Tagana), Kementerian PU, Kominfo, dan BNPB yang berjumlah sebanyak 480 personil.

Related posts