GELAR PERALATAN PENANGGULANGAN BENCANA 2013

Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr. Syamsul Maarif menghadiri acara Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana 2013. Acara ini diselenggarakan hari ini (13/9) di Pantai Karnaval, Jakarta. Gelar ini merupakan kesiapsiagaan BNPB, khususnya Kedeputian Bidang Logistik dan Peralatan, dalam mendukung logistik dan peralatan untuk penanggulangan bencana di daerah.


Kepala BNPB meninjau dan mengecek secara langsung peralatan dan perlengkapan yang digelar, seperti mobil rescue, mobil toilet, family kits, perahu amphibi, dan speed boat. Gelar peralatan ini sebagai ajang diseminasi informasi pada unit-unit di lingkungan BNPB, terkait dengan kekuatan peralatan yang dimiliki dalam penanggulangan bencana. 


Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Dewina Nasution, mengatakan bahwa peralatan ini juga dimaksudkan sebagai penguatan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di daerah. “Logistik sebagai bufferstock dan setiap saat dapat didorong untuk kebutuhan darurat”, tambah beliau selain penjelasan mengenai berbagai peralatan yang digelar saat itu. Kedeputian Bidang Logistik dan Peralatan BNPB mengakui bahwa peralatan standar penanggulangan bencana untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota belum semuanya terpenuhi. 


Sejumlah permintaan terhadap peralatan akan ditambah tahun ini, seperti peralatan perahu amphibi yang menunjang penanganan darurat di laut. Beberapa jenis perahu karet telah memenuhi kualifikasi BNPB, khususnya mengenai kualitas dan spesifikasi teknis. Di sisi lain, kedeputian bidang logistik dan peralatan juga sedang mengembang mobil tangki air.  


Jajaran Pejabat BNPB memberikan masukan mengenai manajemen peralatan, mulai dari pemasangan logo BNPB, pelatihan bagi operator peralatan di daerah, pemeliharaan, standar keamanan, dan permasalahan administrasi.


Akhir sambutan, Kepala BNPB mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Deputi Bidang Logistik dan Peralatan terhadap upaya kesiapsiagaan logistik dan peralatan dalam penanggulangan bencana. Menurut beliau dengan menganalogikan di dunia militer bahwa pertempuran tanpa logistik tidak akan menang. 


Berikut peralatan pada Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana 2013:

Peralatan air:

1. Speed boat fiber glass 10 M

2. Speed boat polyethylene 7 M

3. Perahu polyethylene dan mesin perahu 9 PK

4. Perahu karet dan mesin perahu 25 PK

5. Perahu amphibi

6. Pompa ampung

7. Water treatment portable


Kendaraan:

1. Mobil komunikasi

2. Mobil rescue

3. Mobil dapur lapangan

4. Truk serbaguna

5. Mobil ambulans

6. Mobil toilet

7. Motor trail


Hunian:

1. Tenda posko

2. Alat pengolah data (Tactical communiction package)


Logistik:

1. Makanan siap saji

2. Tambahan gizi

3. Lauk pauk

4. Kids ware

5. Sandang

6. selimut


Related posts