FPRB Cirebon : Forum Pentahelix ke 75 dalam PRB

CIREBON - Forum Pengurangan Risiko Bencana ( FPRB) Kabupaten Cirebon menjadi Forum PRB yang ke 75 yang terbentuk (26/10). Saat ini  sudah 74 Kab/kota yang memiliki Forum PRB. Pengukuhan FPRB Kab. Cirebon dilakukan oleh Bupati Cirebon, Imron Rosyadi pada Jumat malam waktu setempat. FPRB berdiri berdasarkan SK Bupati Cirebon Nomor 360/Kep.30/ 2019. Forum ini dibentuk  untuk menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai ancaman bencana yang ada di Kab. Cirebon. 

Acara pengukuhan FPRB Kab. Cirebon dihadiri oleh Lilik Kurniawan, Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Dalam sambutannya Lilik berharap bahwa FPRB bisa menjadi mitra strategis BPBD  untuk memastikan pembangunan daerah Kab.Cirebon yang berkelanjutan yang berbasis pengurangan risiko bencana melalui pendekatan kebijakan, kelembagaan, anggaran dan pemberdayaan masyarakat. Lebih lanjut Lilik mengatakan bahwa FPRB  ini merupakan  salah satu perwujudan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana di daerah. Forum Pentahelix yang terdiri dari perwakilan lembaga usaha, akademisi, pakar, ormas, lembaga swadaya masyarakat, media massa, donor, organisasi profesi, legislatif, yudikatif, dan perangkat desa bisa saling sinergi dan saling melengkapi dalam upaya-upaya penanggulangan bencana. 

Bupati Cirebon menyambut baik pembentukan FPRB ini. Menurutnya, Kab. Cirebon memerlukan wadah untuk membantu memobilisasi sumber daya yang diperlukan dalam penanggulangan bencana. Hal ini karena Cirebon memiliki potensi bencana yang tinggi sehingga diperlukan keterlibatan semua pihak dalam mengurangi risiko bencana.

Dalam kegiatan ini mengulas juga peran dan fungsi FPRB, pembelajaran-pembelajaran baik dari Forum PRB DI. Yogyakarta dan FPRB Jawa Barat serta mengingat kembali karakteristik bencana yang ada di daerah Kab. Cirebon. Pengurus FPRB Cirebon juga mendapatkan fasilitasi penyusunan rencana aksi atau program kerja Forum. Acara pengukuhan FPRB ditutup oleh Firza Ghozalba dari BNPB dan didampingi oleh Kalaksa BPBD Kab. Cirebon serta Ketua FPRB Cirebon(115).

Kedeputian bidang Pencegahan

Related posts