Delegasi SCDF Mengunjungi PUSDIKLAT PB

BOGOR- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mendampingi delegasi Singapore Civil Defence Force (SCDF) Commissioner Eric Yap berkunjung ke Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana, Sentul Bogor, Rabu (1/3). Kunjungan ini merupakan lanjutan dari rangkaian kunjungan kerja yang telah dilakukan SCDF ke Graha BNPB pada hari Selasa (28/2).

Pada kesempatan itu, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana Dr. Bagus Tjahjono, M.P.H, memberikan sambutan dan memaparkan tentang tugas pokok dan fungsi dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan dalam penanggulangan kebencanaan. Bagus mengatakan “PUSDIKLAT PB memberikan pelatihan untuk  meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumberdaya manusia serta menjadi pusat unggulan pengurangan risiko bencana.”

“sejak 2016 PUSDIKLAT PB telah mendapatkan sertifikasi dari Lembaga Administrasi Negara yang menandakan bahwa PUSDIKLAT PB telah diakui sebagai instansi pengakreditasi diklat teknis bidang penanggulangan bencana.” Ujar Bagus.

 Sementara itu, Commissioner Eric Yap mengatakan bahwa SCDF mengajak PUSDIKLAT PB untuk bekerja sama dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia. “setelah melihat paparan tersebut, kami tertarik dan berniat mengundang PUSDIKLAT PB untuk datang ke kantor kami di Singapura, untuk saling berbagi pengalaman kepada kami”. 

Pada akhir acara, delegasi SCDF mengunjungi pusdalops, gudang peralatan, mobil pemadam api, mobil perpustakaan, asrama, dan mencoba alat simulasi gempa yang dimiliki PUSDIKLAT BNPB, serta melakukan video conference dengan beberapa BPBD.

Acara tersebut turut dihadiri pejabat eselon 1, 2, 3 dan 4 BNPB. (DMS)

Related posts