Delegasi ACDM 2016 Tinjau Kesiapan Mitigasi Struktural Jawa Tengah

Semarang – Pertemuan The 28th ACDM and Other Related Meetings 2016 di Gumaya Hotel, telah memasuki hari ketiga (28/4). Setelah agenda ACDM Session and EAS Cooperation in Disaster Management yang salah satu hasil pembahasannya adalah Indonesia menyampaikan rencana pelaksanaan Ambon International TTX pada bulan November 2016. Tentatif skenario yang telah disiapkan adalah penanganan bencana gempabumi berkekuatan 8.4-8.7 SR dengan tinggi gelombang tsunami 8-12 meter di sebagian Kabupaten Maluku Tengah sebelah timur Kabupaten Seram. Pada skenario itu dimasukkan pula permasalahan proses pencarian dan penyelamatan warga asing yang hilang.  

Acara pada hari ini dilanjutkan dengan field visit seluruh delegasi ke Waduk Jatibarang dalam rangka peninjauan sistem pengendalian banjir dan kunjungan ke Kantor BPBD Provinsi Jawa Tengah di Semarang. Waduk Jatibarang yang dibangun sejak tahun 2009 telah selesai dan diresmikan oleh Presiden Joko Widod pada tahun 2014. Ide pembentukan bendungan Jatibarang karena adanya banjir di Kota Semarang pada 1973, 1988, 1990, dan 1993 yang sempat menimbukan korban jiwa dan pada 1992 - 1993 masterplan pembuatan waduk serba guna yang dialiri air dari Kali Kreo itu terbentuk. Beroperasinya Waduk Jatibarang di Kecamatan Gunungpati ini diharapkan banjir yang menjadi langganan Kota Semarang dapat teratasi. Sebab sistem drainase waduk Jatibarang dirancang akan mampu menyerap air hingga sebanyak 270 m2 per detik. Bahkan sangat diyakini waduk Jatibarang akan mampu menjadi pengendali banjir di Kota Lumpia selama 100 tahun ke depan. Selain itu, Waduk Jatibarang juga difungsikan untuk pembangkit listrik tenaga mikro hydro (PLTMG) yang berkapasitas 1.5 KW.

Kunjungan dilanjutkan ke Kantor BPBD Provinsi Jawa Tengah, delegasi ACDM 2016 diajak melihat kesiapan Gudang Logistik dan Peralatan yang baru diresmikan pada 26 April 2016 oleh Gubernur Jawa Tengah. Penjelasan kesiapan struktur dan infrastruktur serta sarana dan prasarana Penanggulangan Bencana Jawa Tengah disampaikan langsung oleh Dody Ruswandi, Sekretaris Utama BNPB. Peserta ACDM 2016 juga diajak meninjau ruang operasional Pusdalops Provinsi Jawa Tengah untuk melihat teknologi, informasi dan komunikasi PB Jawa Tengah diantaranya InaWARE dan sistem informasi buffer stock logistik. Agenda Field Visit ACDM 2016 hari ini ditutup dengan galadiner para delegasi yang adakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Wisma Perdamaian Kota Semarang.

Humas BNPB

Related posts