CDC IPC HASILKAN BEBERAPA CAPAIAN MENUJU MM DIREX 2014

KOTA PADANG (30/08): Konferensi Pembentukan Konsep dan Perencanaan Awal atau Concept Development and Initial Planning Conference (CDC IPC) berakhir dengan menghasilkan beberapa capaian. Kegiatan ini sebagai rangkaian puncak Mentawai Megathrust Disaster Relief Exercise (MM DiREx) yang akan diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Maret 2014 di Sumatera Barat. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BNPB Wisnu Widjaja menutup konferensi ini pada Jumat (30/08) di Hotel Pangeran Beach, Padang. 


Penyelenggaraan CDC dan IPC ini bertujuan untuk memperkaya konsep dasar Geladi Posko atau Command Post Exercise (CPX), Geladi Lapang atau Field Training Exercise (FTX) dan Kegiatan Sosial Kemasyarakatan atau Humanitarian Civil Action (HCA). Pelaksanaan kegiatan ini terbagi ke dalam diskusi antar kelompok kerja dan kunjungan lapangan baik di Padang maupun Mentawai. 


Lokasi yang berpotensial untuk penyelenggaraan CPX, FTX dan HCA telah teridentifikasi dalam kunjungan lapangan. Sementara itu, capaian lain dari konferensi ini seperti identifikasi awal materi latihan, fasilitas dan kebutuhan yang harus disediakan,  dan pemahaman bersama antar peserta pada kegiatan puncak nanti. 


Penyelenggaraan MM DiREx 2014 tidak hanya akan diikuti oleh peserta pelaku  penanggulangan bencana di Sumatera Barat, tetapi juga memobilisasi sumber daya nasional serta mitra nasional dan internasional. Mitra internasional yang akan terlibat antara lain seluruh negara anggota ASEAN, 8 negara EAS Non-ASEAN (China, USA, Russia, Jepang, Korea, India, Australia, New Zealand), serta organisasi internasional seperti AHA Center, IFRC, PBB, AIFDR/AUSAID, USAID, dan JICA.


Terkait dengan keterlibatan mitra internasional, MM DiREx ini dapat mengecek beberapa hal, seperti mekanisme peringatan dini, civil military operation, dan respon darurat dari komunitas internasional. Pada akhir sambutan penutup, Wisnu Widjaja memberikan apresiasi dan terima kasih atas partisipasi semua peserta konferensi yang memberikan masukan berharga untuk penyelenggaraan MM DiREx 2014 nanti. 


Konferensi ini dihadiri 10 delegasi dari 7 negara, 7 organisasi internasional, dan pihak Indonesia. Peserta dari Indonesia berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kabupaten Mentawai, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia, serta kementerian dan lembaga terkait. (pz)


Related posts