Camat Koordinator Penyaluran Bantuan

Hingga hari ketujuh pacsa gempa yang berkekuatan 6.5 SR penanganan darurat bencana masih terus dilakukan, terutama yang menyangkut kebutuhan dasar bagi pengungsi yang tersebar dibeberapa titik. Menurut Kepala Badan Nasonal Penanggulangan Bencana, Willem Rampangilei jumlah pengungsi  berjumlah 85.133 orang yang tersebar di Pidie Jaya, Pidie dan Bireun.

Pada rapat koordinasi ( 13/12/2016) jam 17.00 wib di Aula MPU Desa Keude Kec. Meureude mengatakan secara umum  pemda telah melakukan langkah- langkah yang tepat bersama TNI dan Polri  dalam penyaluran logistik perlu harus diambil langkah-langkah yang cepat dan tepat untuk diberikan ke kecamatan dan desa dan dibuatkan pendataannya.  

 “Dukungan logistik perlu ditunjuk koordinator di masing-masing titik  didampingi dari Pemda atau Camat dan harus dibagikan habis kepada masyarakat untuk memaksimalkan sisa waktu masa tanggap darurat yang sisa tinggal 7 (hari) lagi”

Willem juga menambahkan proses Rehabilitasi dan Rekonstruksi   segera dilakukan selama masa tanggap darurat dalam upaya percepatan verifikasi data  rumah masyarakat yang rusak begitu juga dengan fasilitas umum seperti sekolah, Rumah Sakit dan Masjid serta penilaian kerusakan terhadap kerugian infrastruktur. Kerusakan akan diverifikasi tim BNPB, Dinas PU PERA dan Dinas PU. Diharapkan dengan mekanisme proses verifikasi  data nama, dokumentasi, alamat serta peninjauan lapangan  korban akan diberikan dana stimulant dari pemerintah. Dan diharapkan Rencana Aksi ttersebut sudah terealisasi di akhir tahun 2017.

“Rencana kunjungan Pak Presiden Jokowi pada hari kamis, target kunjungan beliau adalah kunjungan ke sekolah dan rumah sakit”


Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts