Bromo Terus Meletus, Status Siaga

JAKARTA – Berdasarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Bromo masih berstatus Siaga pada hari ini (16/12). Gunung yang berada di Kabupaten Probolonggo, Jawa Timur masih mengalami erupsi dan terlihat hujan abu tipis yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunugapi.  

Merespon aktivitas Bromo yang masih aktif, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait. BPBD telah memantau daerah terdampak seperti Kecamatan Tosari dan Tutur. BPBD bersama satuan kerja lain (SKPD) memasang rambu dan jalur evakuasi. Sementara itu, BPBD Provinsi Jawa Timur membantu pemerintah setempat dengan 5.000 masker dan 10 paket kesehatan, sedangkan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan telah mendistribusikan masker kepada warga terdampak langsung. Pos lapangan yang telah dipersiapkan oleh BPBD berlokasi di Desa Wonokriti. 

Dalam membangun kesadaran atas potensi bencana, Kepala PPGA Bromo melakukan sosialisasi kepada pemerintah dan warga setempat pada Selasa (15/12) di Balai Desa Wonokriti. 

Aktivitas erupsi Gunung Bromo juga berdampak terhadap wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Wilayah yang teridentifikasi terdampak antara lain Kecamatan Poncokusumo dan Jabung. Disribusi abu menyebabkan operasional Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang tutup. BPBD setempat telah menyiapkan 8.000 masker untuk warga yang berada di Kecamatan Poncokusumo.  

Secara umum dampak erupsi G. Bromo di wilayah Kab. Probolinggo, Pasuruan dan Malang masih pada situasi aman dan tetap pada status siaga darurat, adapun jika terdapat hujan abu masih dalam kategori tipis dan dapat diatasi secara mandiri oleh masyarakat.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts