BPBD Jawa Tengah Miliki Gudang Logistik dan Peralatan

SEMARANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah memiliki Gudang Logistik dan Peralatan sebagai bentuk perkuatan dalam penanggulangan bencana. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei meresmikan Gudang Logistik dan Peralatan ini pada Selasa (26/4) lalu. Gudang ini berlokasi di lingkungan Gedung BPBD Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutan peresmian, Willem mengatakan bahwa gedung logistik dan peralatan ini sebagai upaya bersama dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan menurunkan indeks risiko bencana di Jawa Tengah. Jawa Tengah tergolong dalam kategori provinsi dengan tingkat rawan bencana tinggi. Enam kabupaten di provinsi ini menjadi sasaran prioritas penurunan indeks risiko bencana.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan harapan terhadap BPBD untuk selalu siap 24 jam jika terjadi bencana di Jawa Tengah. “Ini bentuk kerjasama pemerintah, swasta dan masyarakat sehingga masyarakat tidak usah khawatir jika terjadi bencana,” ujar Ganjar.

Melalui pembangunan gedung ini, BNPB mengharapkan BPBD dapat meningkatkan sistem manajemen logistik dan peralatan yang baik. Menurut Willem, Gudang Logistik dan Peralatan ini berfungsi untuk (1) meningkatkan kapasitas sumber daya yang berfungsi sebagai buffer stock logistik dan peralatan; (2) memberikan pelayanan penanggulangan bencana secara cepat dan tepat di seluruh kabupaten/kota Jawa Tengah dan provinsi yang berdekatan bila membutuhkan, (3) menjamin kualitas dan kuantitas logistik dan peralatan, (4) Gudang BPBD Provinsi Jawa Tengah dapat menjadi percontohan bagi BPBD Provinsi seluruh Indonesia.
 
BNPB memberikan kontribusi berupa bantuan peralatan berupa  peralatan dasar, penunjang dan khusus. Peralatan dasar tersebut antara lain mobil komando, mobil rescue, motor trail, tenda keluarga dan pengungsi, genset, water treatment, perahu da mesin serta alat komunikasi. Peralatan penunjang mencakup berbagai mobil termodifikasi seperti untuk memenuhi kebutuhan dapur lapangan, tangki air, toilet, penjernih air dan light tower, sedangkan kategori peralatan khusus adalah speedboat (dolphin, manta, fiber), pompa pemadam kebakaran, perahu amfibi, mobil evakuasi dan logistik.

Bantuan BNPB berupa barang logistik seperti paket makanan, paket sandang, paket kidsware, paket family kit, selimut, masker, paket kesehatan keluarga, paket peralatan dapur, kantong mayat, matras dan tenda gulung. (PHI)


Related posts