BNPB Siapkan Rambu dan Papan Informasi Tsunami di Wilayah Maluku dan Papua

AMBON -  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyiapkan pemasangan rambu dan papan informasi Tsunami di wilayah Maluku dan Papua. Wilayah yang menjadi target pemasangan adalah Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Buru, Kota Ambon, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Sarmi dan Kota Jayapura.

“Pemasangan rambu merupakan salah satu upaya meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bahaya tsunami, ” kata Medi Herlianto, Direktur Kesiapsiagaan BNPB. Medi menambahkan bahwa BNPB menargetkan pada Agustus 2016 untuk pelaksanaan pemasangan rambu dan papan informasi Tsunami di wilayah Maluku dan Papua.

Di sisi lain, pemasangan rambu dan papan informasi ini sebagai implementasi dari Peraturan Kepala BNPB Nomor 7 Tahun 2015 tentang Rambu dan Papan Informasi Bencana.

BNPB menargetkan 1.000 rambu dan papan informasi di titik target Provinsi Maluku, yang terdiri rambu peringatan, rambu titik kumpul dan rambu petunjuk arah evakuasi. Sementara itu 500 rambu dan papan informasi akan dipasang BNPB di wilayah Papua.

Dalam kegiatan ini, BNPB menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi untuk menjalankan fungsi pengawasan, serta melibatkan BPBD kabupaten/kota untuk menentukan titik lokasi pemasangan dan memonitor pelaporan dengan menggunakan aplikasi KoBoCollect. Pemanfaatan aplikasi KoBoCollect mempermudah dalam pemantauan terkait pendataan dan pelaporan pemasangan secara online.

Terkait dengan persiapan tersebut, Direktorat Kesiapsiagaan BNPB menyelenggarakan rapat koordinasi pemasangan rambu dan papan Informasi Tsunami 2016 di Wilayah Maluku dan Papua pada Jumat (24/6) di Kantor BPBD Provinsi Maluku.

Sementara itu, Kepala Seksi pemantauan dan peringatan BNPB Tommy Harianto menyebutkan bahwa rapat koordinasi itu sebagai media komunikasi antara BNPB, BPBD dan rekanan sehingga pelaksanaan pemasangan dapat berjalan lancar.   “Harapan ke depan, pemerintah daerah setempat dapat mereplikasi program pemasangan rambu dan papan informasi bencana seperti ini,” ujar Tommy.

Sumber: Direktorat Kesiapsiagaan BNPB

Related posts