BNPB SELENGGARAKAN BIMTEK KEHUMASAN

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selenggarakan Bimbingan Teknis Kehumasan pada 17 s/d 19 Oktober 2013 bertempat di hotel Gunung Geulis, Bogor Jawa Barat. Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Humas BNPB, Drs. Hartje Robert W. Dalam sambutannya, Hartje menuturkan “pentingnya peningkatan kehumasan seperti dalam peliputan jurnalistik kebencanaan perlunya menjalin hubungan baik dengan pers, menjalin komunikasi internal organisasi yang baik dan hubungan dengan masyarakat. Humas profesional bertanggung jawab untuk mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan publik terhadap informasi kebencanaan atau membuat masyarakat menerima informasi perkembangan kejadian bencana secara jelas dan nyata. Membuat program secara terencana dalam upaya-upayanya menciptakan pengertian bersama antara lembaga dan masyarakat terkait penanganan bencana.

Pada perkembangannya peran Humas kian vital, sehingga fungsinya sangat strategis. Implementasi fungsi ini akan terjadi apabila aktivitas pemerintahan memperoleh dukungan penuh dari komponen publik/stakeholders. Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik No. 14 tahun 2008 merupakan salah satu indikator munculnya masyarakat informasi. Masyarakat memiliki hak terhadap perkembangan informasi dan hak ini dijamin oleh Undang-undang. Pemerintah dituntut menyediakan informasi dan mengkomunikasikannya atau mensosialisasikannya sesuai dengan keinginan masyarakat, sebab pada dasarnya pemerintah adalah pelayan masyarakat (public service) yang harus memberikan pelayanan dan pengabdian terhadap masyarakat.

Memberikan pelayanan terhadap masyarakat merupakan tugas utama dari Pemerintah. Pelayanan yang diberikan harus di lakukan sebaik mungkin sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara Pemerintah dan masyarakat. Disinilah diperlukan peran Humas Pemerintah dalam mensosialisasikan kebijakan tersebut kepada masyarakat. Layanan yang bercirikan cepat, tepat, akurat harus diberikan kepada masyarakat. Karena kualitas layanan sangat mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap kredibilitas Pemerintahnya.

Posisi Humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran Humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara keduanya. Peran Humas juga dapat menilai sikap masyarakat (public) agar tercipta keserasian antara masyarakat dan kebijaksanaan organisasi. Bermula dari aktivitas, program Humas, tujuan (goal) hingga sasaran (target) yang hendak dicapai oleh organisasi tersebut tidak terlepas dari dukungan serta kepercayaan citra positif dari pihak publiknya.

Dalam acara tersebut menghadirkan narasumber dari Kantor berita Antara, Ibu Maria dengan tema peliputan Jurnalistik (observasi, wawancara dan studi literatur). Bapak Sekartono, Pusat Informasi KOMINFO dengan tema Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, dan Sosialisasi Perka Media Center. Peserta acara ini berasal dari BNPB dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). (Rsp)

Related posts