BNPB Persiapkan TTX Ambon DiREx 2016

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menyelenggarakan tabletop exercise (TTX) dalam rangka Ambon Disaster Response Exercise (DiREx) 2016 pada 15 - 17 November 2016 di Kota Ambon, Maluku. TTX bertujuan untuk memperkuat mekanisme operasional yang terkoordinasi dan terencana supaya respon bencana efektif.

Kota Ambon menjadi tempat penyelenggaraan TTX karena beberapa pertimbangan. Kota Ambon atau Amboina termasuk 136 kabupaten/kota dengan index risiko bencana tinggi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 - 2019. Selain itu, kota berpenduduk 395.423 jiwa menjadi pusat pelabuhan, pariwisata dan pendidikan di wilayah Maluku.

Deputi Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan BNPB Wisnu Widjaja mengatakan bahwa TTX dalam konteks regional berperan untuk meningkatkan mekanisme regional dalam memfasilitasi berbagi informasi, kapasitas dan sumberdaya respons saat bencana sebagai upaya untuk meningkatkan ketangguhan kawasan.

"Secara khusus TTX diharapkan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat Ambon," tambah Wisnu.

Wisnu mengatakan bahwa kondisi geografis Kota Ambon yang dikelilingi oleh laut dan berada di antara dua lempeng Eurasia dan lempeng Indo Australia menjadi faktor rawan gempa dan tsunami.

Penyelenggaraan di Ambon sangat tepat karena kesiapsiagaan tidak hanya menyasar warga setempat tetapi juga wisatawan. Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Kota Ambon selama Januari sampai dengan Oktober 2015, wisatawan domestik dan mancanegara berjumlah 33.370 orang, dengan rincian 26.685 wisatawan domestik dan 6.685 wisatawan asing.

Kota Ambon adalah sebuah kota yang merupakan ibukota Provinsi Maluku. Kota Ambon adalah kota terbesar di wilayah Kepulauan Maluku dan menjadi sentral bagi wilayah kepulauan Maluku. Kota Ambon tergolong sebagai salah satu kota utama dan kota besar di wilayah pembangunan Indonesia Timur di lihat dari aspek perkembangan dan pertumbuhan ekonomi.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas

Related posts