BNPB PARTISIPASI DALAM 5TH INDOGREEN FORESTRY EXPO 2013

Badan Nasional Penanggulangan Bencana turut berpartisipasi dalam “5Th Indogreen Forestry Expo 2013” yang diselenggarakan oleh Kementerian Kehutanan mulai tanggal 4 – 7 April 2013, bertempat Assembly Hall, Jakarta Convention Center. Selain BNPB pada pameran ini diikuti juga oleh 173 peserta lainnya dari sektor pemerintah dan swasta. 


Acara ini dibuka secara langsung oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, yang dalam sambutannya disampaikan bahwa sejak tahun 2009, partisipan Indogreen Forestry Expo terus terjadi peningkatan jumlah peserta, dimana hal ini semakin menunjukkan manfaat positif dari pelaksanaan pameran, dimana salah satunya adalah untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan dan alam Indonesia secara berkesinambungan. Indonesia yang merupakan negara dengan “Biodiversity” terbaik di dunia dan diharapkan akan semakin memperkokoh pertumbuhan ekonominya yang saat ini berada diatas 6% atau nomor 2 tertinggi di dunia. Disampaikan pula bahwa pameran ini merupakan ajang promosi, edukasi, ajang pertemuan pelaku usaha dan investasi serta pertukaran informasi yang saling menguntungkan di bidang Kehutanan. Kebijakan Kementerian Kehutanan sejak 2010 adalah mempertahankan kawasan hutan yang semakin sedikit dengan kebijakan moratorium, yang artinya bahwa kebijakan yang dikeluarkan bukan untuk menutup peluang para pelaku usaha namun untuk menata dan mengelola kawasan hutan sehingga menjadi lebih baik. Pada akhir sambutannya, disampaikan bahwa agar kita senantiasa terus memelihara kelestarian hutan dan alam Indonesia, yang merupakan sumber kehidupan yang dapat memberikan dampak pertumbuhan ekonomi positif serta dapat meningkatkan sektor usaha. Kita wajib memberikan edukasi dengan informatif bagi anak cucu kita yang merupakan Masa Depan Indonesia dan sebagai salah satu cara untuk mencegah terjadinya bencana yang diakibatkan dari kelalaian manusia.. 



BNPB dalam pameran ini menampilkan peta potensi kejadian bencana banjir, tanah longsor, kebakaran lahan dan hutan, yang sangat berhubungan erat dengan pemanfaatan lahan dan hutan. Data Informasi Bencana Indonesia (DIBI), Pantuan Bencana, serta hasil lomba foto kebencanaan dan produk-produk BNPB lainnya sebagai bentuk berbagai pengetahuan dan informasi dibidang kebencanaan.Hari pertama pelaksanaan “5Th Indogreen Forestry Expo 2013” ini dimeriahkan dengan Tarian Tradisional Mentawai dan Reog Ponorogo. Selain itu dilaksanakan juga diskusi oleh Bapak Menteri Kehutanan dengan “Sahabat Alam”, diskusi para pelaku usaha di bidang kehutanan.  Hari terakhir pameran direncanakan akan dilakukan pembibitan tanaman serta Funbike bersama Menteri Kehutanan.


Related posts