BNPB & KL Salurkan Bantuan ke Nepal

Jakarta, (29/4) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beserta kementerian/Lembaga (K/L) mengirim bantuan ke Nepal. Keberangkatan tim dilaksanakan dalam 2 tahap, tahap pertama diberangkatkan pada hari Rabu tanggal 29 April pukul 16.00 WIB dipimpin oleh Direktur Tanggap darurat Drs. Junjungan Tambunan, ME. dengan menggunakan pesawat Boeing 737 milik TNI AU melalui bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Tim ini terdiri dari Satuan Reaksi Cepat (SRC), BNPB, kementerian luar negeri (Kemlu), Kementerian kesehatan (Kemenkes), Muhammadiyah Disaster Management center (MDMC), dan Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU). Keberangkatan pada hari Rabu, 29 April 2015 barang yang dibawa berupa tenda pengungsi 1 unit seberat 2 ton, tenda posko 3 unit dan genset 3 unit seberat 0,6 ton. 

Pada tahap ke 2 keberangkatan pada hari Jumat tanggal 1 Mei 2015 dengan menggunakan 2 pesawat charter Garuda Indonesia untuk mengangkut personil dan barang bantuan, dan 1 pesawat Cardiq Air Boing 737 untuk mengangkut barang bantuan dan keberangkatan dari Soekarno Hatta. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif, berharap tim bantuan yang dikirim ke Nepal bisa mandiri dan tidak merepotkan negara yang Sabtu lalu diguncang gempa itu. "Kita ke sana harus mandiri, tidak boleh membebani, ketersediaan air juga kurang, sehingga di sana harus lakukan upaya," ujar Syamsul, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.(rsp)

Related posts