BNPB JALIN KERJASAMA DENGAN BPKP

BNPB menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Jakarta, (26/11) dalam rangka pendampingan penerapan tata kelola pemerintahan yang baik, serta manajemen pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel. Pendampingan meliputi kegiatan audit, kajian, evaluasi, pemantauan atas laporan keuangan, dan lainnya. BPKP akan mengawasi sistem dan prosedur kerja BNPB, termasuk dalam pengadaan barang dan jasa. Jangka waktu kerjasama tiga tahun, dengan perpanjangan apat dilakukan secara tertulis tiga bulan sebelumnya.

Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan pihaknya membutuhkan bimbingan dan arahan. "Kami terus belajar dari BPKP untuk menjadi lebih baik ke depan, serta penghargaan kami untuk BPKP yang telah mengawasi dan mendampingi BNPB," ucapnya.

Kepala BPKP Prof. Dr. Mardiasmo mengungkapkan hal senada. Dia berjanji BPKP akan menjalankan tugas pengawasan dan pendampingan dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik. "Meskipun dalam keadaan darurat, laporan keuangan dan sebagainya harus tetap akuntabel. Ini menjadi tantangan unik buat kita sendiri," katanya.

Dia mengatakan dalam pengelolaan keuangan, pejabat negara hendaknya menaati prinsip efisiensi dan etika. "BPKP siap membantu BNPB dan BPBD seluruh Indonesia karena BPKP tersebar di ibukota, provinsi, dan kabupaten," tambahnya.

Related posts