BNPB GELAR RELAWAN PENANGGULANGAN BENCANA

Meningkatkan sinergisitas dan keterpaduan dalam penyelenggaraan Penanggulangan Bencana maka Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengadakan Gelar Relawan Penanggulangan Bencana pada (2/10) bertempat di GOR Tawang Alun, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Acara ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 2 Oktober s/d 4 Oktober 2013. Tema acara tersebut “Keterpaduan Pemerintah, Dunia Usaha, Masyarakat dan Relawan Menuju Indonesia Tangguh Bencana. Kegiatan dalam acara berupa; apel siaga relawan, pameran kebencanaan, demo keterampilan Relawan, sesi akademis kebencanaan, diskusi klaster, penghijauan dan pasar murah.
Dalam sambutannya Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Drs. Muhtaruddin, M.Si menuturkan, “peran relawan dapat diandalkan dalam penanggulangan bencana. Peran relawan cukup eksis pada tanggap darurat, serta dalam kecepatan dan semangat aksi penanggulangan dan pengurangan risiko bencana.  Partisipasi relawan penanggulangan bencana dirasakan sangat berarti karena mereka menyumbangkan beragam sumber daya dalam upaya penanggulangan bencana, memberikan bukti nyata atas hidup sosial kemanusiaan serta kerjasama untuk mengurangi penderitaan sesama dan kehendak untuk mewujudkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana.”
Tujuan gelar dari gelar relawan adalah terbangunnya kolaborasi yang efektif antar relawan dan lembaga pembina untuk memperkuat upaya kesiapsiagaan, meningkatkannya pemahaman, kemampuan, dan keterampilan relawan terkait dengan penyelenggaraan penanggulangan bencana. pengkayaan informasi dari perkembangan pembinaan  kerelawanan penanggulangan bencana dan penguatan jiwa korsa kerelawanan.
Peserta Gelar Relawan Penanggulangan Bencana ini diikuti oleh 650 peserta relawan yang berasal dari: BNPB, Kementrian/Lembaga, BPBD Provinsi se- pulau jawa dan bali dan Kabupaten/Kota se Jawa Timur, Relawan Lembaga Usaha Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur dan Kab. Banyuwangi, Relawan Orsosmas Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur dan Kab. Banyuwangi, Relawan Masyarakat Provinsi Jawa Timur dan Kab. Banyuwangi (Rsp)

Related posts