BNPB GELAR GLADI POSKO NASIONAL DI PADANG

PADANG (4/12). BNPB bersama unsur kementerian/lembaga dan pemerintah daerah Sumatra Barat menggelar Gladi Posko Nasional (Command Post Exercise/CPX) di Hotel Pangeran Beach, Padang, pada 4-6 Desember 2013. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian latihan menghadapi potensi Mentawai Megathrust, yaitu potensi gempa bumi dan tsunami dengan magnitude antara 8.5 hingga 8.9 skala Richter, di Kepulauan Mentawai, Kota Padang, dan daerah lain di sepanjang pesisir barat Sumatra yang diprediksi para ahli. Puncak kegiatan latihan Mentawai Megathrust direncanakan berlangsung Maret 2014 dan diikuti peserta dari 18 negara, yakni 10 negara ASEAN ditambah negara anggota East Asia Summit (EAS), yaitu Amerika Serikat, Rusia, China, Australia, Korea Selatan, India, Selandia Baru, dan Jepang. Mentawai Megathrust juga merupakan tindak lanjut dari permintaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang disampaikan dalam forum EAS di Bali, November 2011, agar BNPB melakukan latihan persiapan.

CPX dan rangkaian kegiatan Mentawai Megathrust diharapkan membantu mengurangi risiko dampak bencana, terutama menekan potensi jumlah korban jiwa. Dengan latihan yang dipersiapkan dengan baik, diharapkan kesiapsiagaan dan koordinasi para pihak meningkat. Sistem peringatan dini di tingkat masyarakat maupun komando tanggap darurat bencana dengan seluruh potensi sumber daya di daerah dan pusat juga ditingkatkan.

Latihan bersama akan difokuskan pada peningkatan kapasitas penanganan bencana pada 24 jam pertama untuk fase siaga darurat hingga awal fase tanggap darurat, 48 jam pertama fase tanggap darurat hingga penyusunan rencana aksi, serta 72 jam pertama fase tanggap darurat. Seluruh sumber daya lokal, nasional, dan internasional diharapkan terkonsolidasi sehingga memudahkan penggunaannya.

Secara rinci, pelaku latihan bersama ini meliputi perwakilan instansi di Kota Padang, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, kementerian/lembaga tingkat nasional, TNI/Polri, serta perwakilan dari unsur non pemerintah, seperti PMI, LSM lokal dan nasional, tokoh masyarakat serta lembaga usaha. Selain itu, perwakilan dari lembaga donor mitra, yakni UNOCHA, JICA, AIFDR, dan lainnya.

Pembukaan CPX dilaksanakan bersamaan dengan apel personel dan peralatan militer dalam rangka kesiapan pelaksanaan Internasional Mentawai Megathrust. Kepala BNPB Syamsul Maarif membuka secara resmi apel tersebut di Landasan Udara Tabing, Padang. Gelar personel diikuti 2.000 orang dari TNI jajaran Korem 032/WB, Lantamal II Padang, Lanud Padang, serta instansi sipil unsur pusat dan daerah.

Kepala BNPB berharap para pihak memanfaatkan latihan tersebut untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana. “Peningkatan kapasitas dapat terwujud dengan memanfaatkan kesempatan latihan ini untuk mempererat partnership, komunikasi, dan sharing informasi dan juga berbagi tanggung jawab melalui fungsi komando yang tegas dan jelas,” imbuhnya. (Slamry)

Related posts