BNPB Dukung Tim Urban SAR Indonesia dalam Meraih Sertifikasi Internasional

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghadiri pembukaan kegiatan assesment sertifikasi Tim SAR yang akan mendapatkan lisensi internasional di kantor pusat Basarnas (26/11). Selain meraih sertifikasi, tujuan utama dilakukannya assesment resebut juga dilakukan untuk meningkatkan Inasar respons, koordinasi penugasan lapangan petugas kebencanaan, membahas Panduan Insarag dan kemungkinan kerjasama internasional.

Tim yang dibentuk dan diinisiasi oleh Basarnas tersebut kemudian akan diistilahkan sebagai Tim Urban SAR Indonesia. Kepada tim tersebut selanjutnya akan dibentuk untuk memenuhi standard internasional dengan melakukan sertifikasi dari INSARAG (International SAR Advisory Group) melalui cara Insarag External Classification/IEC yang dimulai pada 26 hingga 29 November dengan assesor SAR dari Jepang, Amerika Serikat, Australia, Singapura, dan Selandia Baru.

Direktur Penanganan Pengungsi Johny Sumbung menyampaikan rasa bangga dan mendukung penuh upaya Basarnas saat hadir mewakili BNPB dalam acara yang dibuka dan diresmikan oleh Kepala Basarnas Bagus Puruhito, Perwakilan Sekretariat INSARAG UN-OCHA Winston Chang, dan perwakilan negara sahabat (Singapura).

"BNPB tentunya bangga memiliki mitra bersertifikasi internasional," ungkap Johny.

Sebagai mitra dekat Basarnas tentunya BNPB turut mendukung dan memberikan apresiasi kepada segenap unsur SAR Indonesia atas lisensi internasional yang berati diakui secara internasional untuk kegiatan kemanusiaan di luar negeri.

Dit. Penanganan Pengungsi

Related posts