BNPB DORONG UNIVERSITAS KEMBANGKAN KAJIAN AKADEMIS KEBENCANAAN

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyelenggarakan Seminar Nasional tentang riset dalam penanggulangan bencana. Seminar yang mengangkat tema “Naskah Akademis Penanggulangan Bencana Indonesia berlangsung pada 8 – 10 Oktober 2013 di Hotel Lombok Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Seminar akan membahas naskah akademis dari 12 universitas di Indonesia. 


Seminar nasional ini salah satunya dimaksudkan untuk memberikan ruang diskusi akademis dan praktek dalam kerangka untuk memberikan masukan-masukan terhadap naskah yang telah disusun oleh 12 universitas. 


Pada pembukaan Prof. Dr. Suwarji dari Universitas Mataram (UNRAM) mengharapkan bahwa naskah akademis yang diusulkan nantinya mampu menghasilkan rencana aksi penanggulangan bencana ke depan. Hal tersebut pada akhirnya bermanfaat dalam meminimalisir atau mengurangi dampak bencana. Di samping itu beliau menggagas perlu dibentuknya konsorsium research grup kebencanaan. “konsorsium ini akan memudahkan dalam sosialisasi kajian-kajian di bidang kebencanaan”, jelas Suwarji. Terkait dengan pengembangan pengetahuan tentang kebencanaan, Suwarji menambahkan bahwa UNRAM bekerjasama dengan GeoForschungsZentrum (GFZ) telah mendirikan Lombok Geomagnetic Observatory yang sangat penting dalam kebencanaan. 


Direktur Direktorat P2M Ditjen Dikti Agus Subekti yang didampingi Pembantu Rektor Universitas Mataram  membuka secara resmi seminar nasional pada Rabu pagi (8/10), di Hotel Lombok Raya, Mataram. Hadir pada seminar ini antara lain 12 perguruan tinggi (PT) mitra BNPB, perguruan tinggi di Provinsi NTB, perwakilan BPBD provinsi, dan sebagian perwakilan BPBD di tingkat kabupaten/kota, praktisi kebencanaan, dan umum. 


Berikut ini naskah-naskah akademis kebencanaan yang dibahas pada Seminar Nasional Riset Dalam Penanggulangan Bencana, pada 8 – 10 Oktober 2013, di Hotel Lombok Raya, NTB:


1. Naskah akademis sebagai bahan diskusi ini antara lain:

2. Naskah Akademis Bencana Tsunami dari Universitas Syahkuala

3. Naskah Akademis Bencana Gelombang Ekstrim dari Univesitas Andalas

4. Naskah Akademis Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan dari Universitas Institut Pertanian Bogor

5. Naskah Akademis Bencana Kecelakaan Industri dari Institut Teknologi Surabaya

6. Naskah Akademis Bencana Banjir dari Universitas Diponegoro

7. Naskah Akademis Bencana Tanah Longsor dari Universitas Gadjah Mada 

8. Naskah Akademis Bencana Gunungapi dari UPN Veteran

9. Naskah Akademis Bencana Gempabumi dari Institut Teknologi Bandung

10. Naskah Akademis Bencana Kekeringan dari Udayana

11. Naskah Akademis Bencana Epidemi dari Universitas Airlangga

12. Naskah Akademis Banjir Bandang dari Universitas Hasanuddin


Related posts