BNPB Berpartisipasi Peringati HKSN 2014

BNPB berpartisipasi dalam mengikuti pameran dalam Jambi Emas Expo pada 18 – 20 Desember 2014 di Kompleks MTQ Kota Jambi. Jambi Emas Expo merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN). Berbagai produk informasi terkait bencana diberikan kepada para pengunjung. Kepala Sub Bidang Media Cetak I Gusti Ayu Arlita mengatakan bahwa partisipasi kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi dan edukasi bencana kepada masyarakat. Menurut salah satu pengunjung menceritakan bahwa selama ini dirinya pernah merasakan gempa dan juga menghirup asap.

Anak-anak hingga orang tua sangat antusias dalam mendapatkan informasi bencana. Beberapa dari mereka ingin mengetahui mengenai tugas BNPB maupun BPBD yang ada di wilayah mereka. Tim Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB memberikan merchandise kepada anak-anak sekolah yang dapat menjawab pertanyaan seputar bencana.

Indonesia merupakan wilayah rawan bencana. Sepanjang tahun ini kejadian bencana, seperti banjir, angin puting beliung, maupun tanah longsor menimpa masyarakat di berbagai wilayah. Menurut I Gusti Arlita bahwa pada saat warga tertimpa musibah, mereka yang berada di sekilingnya turut membantu.” Nilai solidaritas berupa gotong royong atau kepedulian merupakan modal kebersamaan sebagai bangsa dalam menghadapi ancaman bahaya. Kita harus bersama membangun ketangguhan”, kata I Gusti Arlita.

Dalam perspektif tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berpartisipasi dalam peringatan HKSN yang terselenggara pada 18 – 20 Desember 2014 di Provinsi Jambi.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parasa membuka Jambi Emas Expo pada hari ini (19/12) di Lapangan MTQ, Kota Jambi. Puncak acara HKSN yang bertema ‘One Day One Care’ akan berlangsung pada esok hari (20/12) di tempat yang sama.(PHI) 


Related posts