Bimtek Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Data Hingga Informasi Bencana

Bogor - End to end penyelenggaraan penanggulangan bencana adalah manusia. Ini merupakan salah satu pesan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr. Sutopo Purwo Nugroho dalam pembukaan bimbingan teknis (bimtek) pada 3-7 November 2014 di Bogor, Jawa Barat. Sementara itu, tujuan bimtek ini adalah peningkatan kualitas dan profesionalitas, khususnya terkait dengan pengelolaan data, system teknologi dan komunikasi (TIK), serta kehumasan.

Pelatihan yang berjalan selama lima hari ini, peserta tidak hanya memiliki pengetahuan tetapi juga keterampilan. “Setelah sesi materi selesai, peserta akan mengaplikasikan pengetahuan melalui simulasi pengelolaan media center,” ujar Ario Akbar Lomban, Kepala Sub Bidang Media Elektronik BNPB.

Peserta bimtek ini tidak hanya dari lingkungan BNPB, tetapi juga dari lembaga-lembaga terkait bencana. Perwakilan dari dinas dan organisasi di lingkungan Kabupaten Bogor seperti Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Badan Pusat Statistik , dan RAPI hadir pada bimtek kali ini.

Materi bimtek yang diberikan antara lain mengenai pengelolaan data,  TIK, dan kehumasan. Peserta diajak untuk mengaplikasikan secara langsung pengetahuan yang diperoleh. Hari ketiga mereka berlatih untuk mengoperasikan mobil komunikasi, menggunakan GPS, dan beberapa aplikasi berbasis internet, seperti Data Informasi Bencana Indonesia, InaWARE. Sementara itu, pada sesi kehumasan peserta mempelajari mengenai teknik dasar menulis, fotografi dan pengelolaan media center.

“Pelatihan kali ini, kami memperoleh pengetahuan baru dan benar-benar mengaplikasikan peralatan dan fasilitas yang dimiliki BNPB,”kata Adelina, peserta dari Kedeputian Bidang Logistik dan Peralatan.

Hari ini (6/11) peserta masih mengikuti materi mengenai pengelolaan media center tanggap darurta bencana yang diberikan oleh Kepala Sub Bidang Media Elektronik. Sesi terakhir bimtek adalah simulasi yang mengangkat tema kejadian bencana yang berbeda-beda. 

Related posts