BIMBINGAN TEKNIS DATA DAN INFORMASI BENCANA KALIMANTAN BARAT

Dalam rangka peningkatan kapasitas penyelenggara kebencanaan daerah, Pusat Data Informasi dan Humas melaksanakan Bimbingan Teknis yang ke 6 di Tahun 2013 dengan tema “Peningkatan Kapasitas Komunikasi Data dan Informasi Bencana”, pada tanggal 13 – 15 Nopember 2013 di Hotel Santika, Pontianak

Kegiatan ini diikuti oleh personel BPBD Provinsi, Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Barat serta Satuan Perangkat Kerja Daerah / SKPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan UMUM, Badan SAR, Dinas Sosial sejumlah 50 orang. Adapun materi yang diberikan pada bimtek kali ini meliputi Data Informasi Bencana Indonesia (DIBI), GIS, Pantauan Bencana, Pengenalan Inasafe, dan Peran Media Center dalam Posko Tanggap Darurat serta tugas praktek untuk membuat Info bencana secara kelompok.

Dalam sambutan pada acara pembukaan, DR. Agus Wibowo, Kepala Bidang Data yang mewakili Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menyampaikan vitalnya peranan pengelola data dan informasi bencana pada setiap fase kebencanaan. “Garbage in Garbage Out”,  merupakan prinsip dari pengelola data dan informasi bencana, data dan informasi yang baik akan mempengaruhi keputusan yang tepat, namun jika data dan informasi yang disampaikan salah maka keputusan pimpinan pun akan tidak tepat”, imbuhnya. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalimantan Barat, Ir. H. Syawal Bondoreso pada kesempatannya menyampaikan perlunya membangun komunikasi baik formal maupun informal dilingkup BPBD dan instansi maupun lembaga yang ada di daerah, hal ini akan memudahkan koordinasi dan integrasi dalam manajemen penanggulangan bencana di Kalimantan Barat. (Toto)

Related posts