Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

WASPADAI CUACA KERING RIAU 3 HARI KE DEPAN

Dilihat 592 kali
WASPADAI CUACA KERING RIAU 3 HARI KE DEPAN

Foto : WASPADAI CUACA KERING RIAU 3 HARI KE DEPAN ()

Pekanbaru – Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca di wilayah Riau terpantau kering 3 hari ke depan. Hal tersebut ditekankan kembali oleh BMKG pada rapat koordinasi Pos Komando Satuan Tugas Operasi (Satgasops) Terpadu Penanggulangan Bencana Asap Riau di Media Center Lanud Roesman Nurjadin, Pekanbaru, pada Minggu (23/3). 


Cuaca kering ini dipicu siklon tropis Gillian yang berada di Samudera Hinda, selatan Jawa bagian Barat. Siklon ini mengakibatkan massa udara atau uap air di wilayah Riau tertarik ke arah selatan. Pertumbuhan siklon Gillian ini berawal dari wilayah utara Australia yang bergerak kemudian ke wilayah Nusa Tenggara Timur dan menuju ke arah barat. BMKG menginformasikan bahwa 28 Maret dan tanggal berikutnya potensi hujan di wilayah Riau kembali turun dengan intensitas ringan hingga lebat. 


Kondisi cuaca ini menjadi kewaspadaan posko satgas dalam pelaksanaan tugas pemadaman api dan asap. Wakil Komandan Posko Satgasops Mayjen TNI Iskandar menegaskan kembali arahan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Syamsul Maarif yang juga sekaligus Komandan Satgasops Terpadu untuk mengoptimalkan satgas udara dan darat untuk melakukan pemadaman. Selama ini pengeboman air atau water bombing sangat efektif selain operasi darat dan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Selain memfokuskan untuk pemadaman, satgas juga melaksanakan penegakan hukum (gakkum) dan sosialisasi kepada masyarakat terkait larangan pembakaran lahan dan hutan. 


Pada hari ini Minggu (23/3) citra satelit NOAA 18 masih memantau 12 hotspot atau titik panas dengan rincian Indragiri Hilir 3, Bengkalis 3, Dumai 2, Rokan Hilir 1, Meranti 1, Siak 1, Pelalawan 1. Sementara itu kualitas udara sudah membaik di lokasi-lokasi yang terpantau. Namun demikain pemantauan kualitas udara pada jam 4 sore (22/3) wilayah Bangko terpantau 175 PSI atau tidak sehat. 

 


Penulis

Admin


BAGIKAN