Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Warga Luwu Timur Rasakan Guncangan Sedang Gempa M5,0

Dilihat 798 kali
Warga Luwu Timur Rasakan Guncangan Sedang Gempa M5,0

Foto : Gempa dengan kekuatan magnitudo (M)5,0 mengguncang wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dengan kedalaman 10 km. Fenomena ini terjadi pada Sabtu (17/7), pukul 17.53 WIB. (BMKG)


JAKARTA – BPBD Kabupaten Luwu Timur menginformasikan warganya merasakan guncangan sedang gempa magnitudo (M)5,0 yang terjadi Sabtu (17/7), pukul 17.53 WIB. Pusat gempa berada 47 km barat laut Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan dengan kedalaman 10 km.

Warga Luwu Timur merasakan guncangan dengan durasi sekitar 3 hingga 4 detik. Tidak ada laporan kepanikan warga saat gempa terjadi. Berdasarkan data yang diterima BPBD Kabupaten Luwu Timur, gempa yang terjadi di darat ini tidak berpotensi tsunami. 

Pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), guncangan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity menunjukkan Masamba dan Malili pada III MMI dan Palopo II MMI. 

Wilayah Luwu Timur merupakan provinsi dengan potensi bahaya gempa bumi dengan kategori tinggi. Sebanyak 11 kecamatan teridentifikasi pada potensi bahaya tersebut. Sedangkan dilihat dari tingkat risiko, potensi total populasi terpapar bahaya ini sebanyak 275.120 jiwa, yang berada pada 11 kecamatan tersebut. 

Sebelas kecamatan yang berada pada potensi gempa bumi kategori bahaya kelas tinggi yaitu Kecamatan Angkona, Burau, Kalaena, Malili, Mangkutana, Nuha,  Tomoni, Tomoni Timur, Towuti,  Wasuponda dan Wotu. 

Sementara itu, melihat pada dokumen Kajian Risiko Bencana Kabupaten Luwu Timur 2017 – 2021, luas bahaya gempa bumi di provinsi ini mencapai 684.875 hektar. 



Abdul Muhari, Ph.D.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN