Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Status Gunung Api di Indonesia

Dilihat 5287 kali
Status Gunung Api di Indonesia

Foto : Status Gunung Api di Indonesia ()

JAKARTA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat satu gunung api berstatus level IV atau ‘Awas,’ yaitu Gunung Sinabung. Gunung yang kembali aktif sejak tahun 2010 itu berada di wilayah Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Gunung api dengan ketinggian 2.460 meter mengalami gempa tektonik lokal dan jauh masing-masing sebanyak 1 kali pada hari ini (5/4). 

 

Dengan berstatus level IV, PVMBG masih merekomendasikan masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pada radius dan sektor yang berbeda-beda. Di samping itu, masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat.

 

Sementara itu, tiga gunung api berstatus level III atau ‘Siaga.’ Ketiga gunung api tersebut adalah Gunung Agung di Provinsi Bali, Gunung Soputan dan Gunung Karangetang di Provinsi Sulawesi Utara. Sedangkan 16 lainnya, gunung api berstatus level II atau ‘Waspada.’

 

Keenambelas gunung api tersebut tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku. Indonesia sendiri memiliki 127 gunung api aktif dimana jumlah tersebut 13% dari total jumlah gunung api aktif di dunia.

 

Humas BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN