Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

SORA SINABUNG MENGUDARA DI FREKUENSI 107.8 FM

Dilihat 585 kali
SORA SINABUNG MENGUDARA DI FREKUENSI 107.8 FM

Foto : SORA SINABUNG MENGUDARA DI FREKUENSI 107.8 FM ()

Siaran radio menjadi salah satu pilihan media untuk menyiarkan informasi maupun berkomunikasi dengan masyarakat yang tinggal di sekitar lereng Sinabung. Pada saat tanggap darurat, dukungan informasi yang akurat dan aktual sangat dibutuhkan masyarakat setempat, khususnya mereka yang sudah kembali ke desa masing-masing. Latar belakang ini yang mendorong radio komunitas, seperti Combine Resource Institution (CRI), Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI), dan Radio Komunitas LIntas Merapi FM mendirikan radio komunitas di Sinabung.


Radio komunitas ini bekerjasama dengan Dinas Kominfo dan PDE Kabupaten Karo memulai siaran perdana pada 24 Februari 2014. Sementara itu, CRI menyebutkan bahwa siaran yang akan dilangsungkan hingga jangka waktu 1 bulan ke depan ini mengudara pada frekuensi 107.8 FM. Masyarakat dapat mendengarkan siaran dan ikut berinteraksi dalam mengisi program sejak pukul 07.00 hingga 24.00 setiap hari.


Studio radio bertajuk “Sora Sinabung” (Suara Sinabung) ini mengudara dari Media Center Posko Utama di halaman Kompleks Kantor Kecamatan Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara. Masyarakat dapat berinteraksi secara langsung melalui telpon 0822 7276 3131, serta pesan (SMS) hotline dengan cara mengetik “Sinabung isi pesan” dan dikirim ke nomor 0818 0438 9000.


CRI menyebutkan bahwa isi program siaran akan dibangun dan dikelola berdasarkan kebutuhan informasi di lapangan yang dihimpun dari jaringan relawan dan lembaga kemanusiaan yang bergiat dalam tanggap darurat Sinabung. Sementara itu, skema manajemen informasi ini bersifat terbuka dan memungkinkan setiap pihak, baik lembaga maupun perseorangan untuk terlibat mengelola informasi bagi masyarakat Karo yang terdampak oleh erupsi Sinabung.


Tujuan Radio komunitas Sora Sinabung 107,8 FM antara lain untuk membantu menyiarkan informasi ke semua masyarakat terutama pengungsi erupsi Gunung Sinabung mengenai perkembangan Gunung Sinabung. Di samping itu, radio komunitas ini juga bertujuan bagaimana masyarakat dapat mengelola informasi sendiri oleh masyarakat melalui radio komunitas. CRI, JRKI, dan Radio Komunitas LIntas Merapi FM berharap bahwa radio komunitas Sinabung ini dapat dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk menyebarkan informasi mengenai informasi sinabung.


Program yang telah dirancang dan mengudara pada saat ini antara lain:

- Selamat Pagi Sinabung

- Pojok Posko Pagi

- Goyang Sinabung

- Rapat Koordinasi

- Ngopi Sore

- Pojok Posko Malam


(Sumber: COMBINE Resource Institution)

Penulis

Admin


BAGIKAN