Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

RS Darurat COVID-19 Khusus untuk Usia 15 Tahun ke Atas

Dilihat 303 kali
RS Darurat COVID-19 Khusus untuk Usia 15 Tahun ke Atas

Foto : Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono. (Humas BNPB/Danung Arifin)



JAKARTA - Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran diperuntukkan bagi pasien yang memiliki usia di atas 15 tahun. Sebagaimana menurut keterangan Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Kamis (26/3).

"Saya sampaikan adalah di dalam penerimaan pasien, usia minimal 15 tahun ke atas. Jadi anak-anak tidak akan kami terima," kata Mayjen Eko.

Kemudian Mayjen Eko juga menjelaskan satu dari beberapa kriteria pasien yang akan ditangani oleh rumah sakit darurat ini ialah kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan usia 60 tahun keatas dan Pasien Dalam Pengawasan dengan usia 15 tahun ke atas.

"Jadi dengan beberapa kriteria, kriteria pertama ODP itu usianya lebih 60 tahun. Sedangkan untuk PDP, keluhan ringan, sesak ringan sampai sedang, usia lebih dari 15 tahun," kata Pangdam Jaya.

Selain itu, Eko menyebut rumah sakit darurat tersebut juga mendapatkan kedatangan pasien dari luar wilayah Jabodetabek seperti Surabaya dan Semarang. Meski demikian, para pasien tersebut tetap diterima.

"Kami juga ingin menyampaikan bahwa rumah sakit ini untuk menampung pasien yang berada di Jabodetabek," kata Eko.

"Namun pada kenyataannya, di hari pertama saja ada pasien datang dari Surabaya dan Semarang. Tapi, kami tetap akan menerima," ujarnya melanjutkan.

Sementara itu, jumlah pasien terkini yang dirawat di RS Darurat COVID-19 telah mencapai angka 208 orang hingga Kamis (26/3) pagi.

Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet sendiri resmi beroperasi sejak Senin (23/3) pukul 17.30 WIB dengan 78 pasien pertama yang dirawat di sana.

RS itu merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir membludaknya pasien di rumah sakit-rumah sakit rujukan.


Agus Wibowo
Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN