Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Pusdiklat PB BNPB Gelar Pelatihan Training Of Trainers Dasar Manajemen Bencana bagi Pentahelix Bencana

Dilihat 800 kali
Pusdiklat PB BNPB Gelar Pelatihan Training Of Trainers Dasar Manajemen Bencana bagi Pentahelix Bencana

Foto : Platihan ToT DMB ini diikuti oleh 30 peserta dari BNPB, BPBD Provinsi Kabupaten/Kota, OPD (Dinas Kesehatan Prov Sumatera Barat), dan NGO/Dunia Usaha (Rumah Zakat & MDMC PP Muhammadiyah). (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana)

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB) BNPB mengadakan pelatihan Training Of Trainers (TOT) Dasar Manajemem Bencana bagi para penggiat kebencanaan dari lima unsur multipihak atau biasa disebut pentahelix. Konsep pentahelix dalam aspek penanggulangan bencana terdiri dari unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media. 

Pelatihan ini dilaksanakan pada 26 februari hingga 1 maret 2024 dan diselenggarakan secara daring. Acara secara resmi dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana Kheriawan, M.M. Dalam sambutannya Kheriawan mengampaikan dengan diadakannya pelatihan ToT Dasar Manajemen Bencana para peserta dapat menjadi Trainer yang memiliki integrasi, profesionalitas, dan kompetensi.

Siklus training dimulai dari pemahaman utuh dari sebuah konsep training yang diaktualisasikan dengan sebuah Silabus/Kurikulum, identifikasi bahan training dan kompetensi trainer, pembuatan modul, persiapan trainer, icebreaking, pelaksanaan dan evaluasi training.

Widyaiswara Roswanto, S.E., M.M. Sebagai pic pada pelatihan kali ini meyampaikan bahwa pelatihan ToT dapat Meningkatkan kepercayaan diri trainer karena sudah mendapatkan pelatihan Dasar Manajemen Bencana. 

Training of Trainer (ToT) Dasar Manajemen Bencana bertujuan untuk menjadikan seseorang siap menjadi Trainer (Pengajar) baik secara teknis maupun non teknis. Pendekatan yang tepat dalam ToT dilakukan melalui experiential learning, dimana peserta training mengalami pengalaman sebagai Trainer secara langsung selama selama pelatihan, dan mendapatkan feedbcak dari peserta dan evaluasi dari Pengajar Diklat.

Pada pelatihan ToT DMB ini diikuti oleh 30 peserta dari BNPB, BPBD Provinsi Kabupaten/Kota, OPD (Dinas Kesehatan Prov Sumatera Barat), dan NGO/Dunia Usaha (Rumah Zakat & MDMC PP Muhammadiyah).



Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN