Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Pusdiklat PB BNPB dan BPSDM Jambi Gelar Pelatihan Penyusunan Renkon di Provinsi Jambi

Dilihat 690 kali
Pusdiklat PB BNPB dan BPSDM Jambi Gelar Pelatihan Penyusunan Renkon di Provinsi Jambi

Foto : Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB) BNPB bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi menggelar Pelatihan Penyusunan Rencana Kontingensi (Renkon) pada tanggal 18 – 22 Maret 2024 di Kota Jambi, Provinsi Jambi. (Istimewa)

JAMBI – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB) BNPB bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi menggelar Pelatihan Penyusunan Rencana Kontingensi (Renkon) pada tanggal 18 – 22 Maret 2024 di Kota Jambi, Provinsi Jambi.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala BPSDM Provinsi Jambi yang diwakili oleh Eva Masita, SH.M.Si selaku Sekretaris BPSDM Provinsi Jambi, pada Senin (18/3). Dalam sambutannya Eva mengatakan bahwa rencana kontingensi adalah rencana operasional yang memuat dari proses identifikasi sampai penyusunan rencana dalam mengantisipasi satu jenis kejadian bencana, yang konsepnya di susun berdasarkan pada kebijakan strategi rencana penanggulangan kedaruratan bencana, sehingga tanggap darurat dapat lebih cepat dan efektif, karena tanpa penyusunan perencanaan kontingensi maka akan banyak waktu terbuang dalam beberapa hari pertama menangani keadaan darurat.

“Prinsipnya kami menyambut baik kegiatan Pelatihan Penyusunan Rencana Kontingensi di Provinsi Jambi Tahun 2024, yang diadakan oleh BNPB bekerja sama dengan BPSDM Provinsi Jambi dan BPBD Provinsi Jambi. Mengingat pentingnya pelatihan ini menjadi prioritas Nasional Tahun 2024, maka komitmen yang kuat dari para peserta sangat di harapkan. Mari kita bersama – sama terus meningkatkan kapasitas kita dalam menangani bencana di Tanah Air. Hanya dengan begitu, kita akan lebih mampu menolong rakyat kita agar menjadi semakin tangguh terhadap bencana,” Jelasnya.

Pustakawan Ahli Muda BNPB Slamet Riyadi mengawali kegiatan dengan menyampaikan laporan kegiatan Pelatihan Peyusunan Rencana Kotingensi di Provinsi Jambi, secara umum hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah peserta memiliki pengetahuan dan wawasan menyusun rencana kontingensi versi 5.0 yang berbasis skenario risiko bencana yang telah disepakati bersama dengan para pelaku Pencegahan Kesiapsiagaan dan penanganan darurat.

Selama 5 hari peserta akan mempelajari materi konsep rencana kotingensi, kebijakan dan kerangka penanganan darurat bencana, skenario kejadian bencana, asumsi dampak bencana, pelaksanaan operasi penanganan darurat bencana dan keterampilan menyusun rencana kontingensi bencana. Narasumber berasal dari Widyaiswara BNPB, BPBD Prov. Jambi dan BPSDM Prov. Jambi.

Peserta berasal dari wilayah Provinsi Jambi yang terdiri dari BPBD Provinsi Jambi 7 Orang, BPSDM Provinsi Jambi, 5 Orang, BPBD Kab. Muaro Jambi 2 orang, BPBD Kab. Batanghari 2 orang, BPBD Tanjung Jabung Timur 2 orang, BPBD Tanjung Jabung Barat 2 orang, BPBD Kab. Surolangun 2 orang, BPBD Kab. Merangin 2 orang, BPBD Kab. Bungo 2 orang, BPBD Kab. Kerinci 2 orang, BPBD Kota Sungai Penuh 2 orang. 

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Kepala Bidang Pecegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jambi, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Merangin, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis Inti BPSDM Provinsi Jambi, serta para Narasumber pelatihan.

Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN