Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Pusdiklat BNPB Gelar Pelatihan Dasar Manajemen Bencana Berpola PNBP bagi BPBD Provinsi Papua Tengah

Dilihat 675 kali
Pusdiklat BNPB Gelar Pelatihan Dasar Manajemen Bencana Berpola PNBP bagi BPBD Provinsi Papua Tengah

Foto : Pelatihan Dasar Manajemen Bencana dilaksanakan di Pusdiklat PB BNPB Ina DRTG Sentul, Kabupaten Bogor, pada 18 - 22 Maret 2024 (Pusdiklat BNPB)


JAKARTA - Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BNPB mengadakan kegiatan pelatihan Dasar Manajemen Bencana (DMB) secara klasikal bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Tengah dengan pola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Pelatihan ini dilaksanakan di Pusdiklat PB BNPB Ina DRTG Sentul, Kabupaten Bogor, pada 18 - 22 Maret 2024.

Acara secara resmi dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana Kheriawan,  Dalam sambutannya Kheriawan menyampaikan dengan diadakannya pelatihan Dasar Manajemen Bencana para peserta dapat meningkatkan pemahaman sikap dalam penanggulangan bencana, dapat menambah pemahaman dasar bagi pegawai BPBD serta pelatihan ini juga diperlukan guna meningkatkan pelatihan selanjutnya. 

Widyaiswara Madya Dr. Marlina Adisty, S.Sos., M.Si. sebagai PIC kegiatan menyampaikan bahwa pelatihan DMB ini merupakan langkah awal untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta pelatihan terkait Dasar Manajemen Bencana. Diharapkan pelatihan DMB ini dapat diikuti oleh seluruh BPBD yang ada di Indonesia agar dapat meningkatkan kompetensi saat pelatihan penanggulangan bencana pada tahap berikutnya.

Dalam pelatihan ini para peserta diajarkan berbagai materi kebencanaan, antara lain dinamika kelompok, dasar-dasar penanggulangan bencana, manajemen bencana yang meliputi manajemen risiko, manajemen darurat bencana, manajemen pemulihan, manajemen logistik dan peralatan, manajemen data dan informasi, serta kerjasama multipihak. 

Pelatihan Dasar Manajemen Bencana ini dihadiri oleh 20 peserta yang berasal dari BPBD Kabupaten Puncak Jaya, BPBD Kabupaten Timika dan BPBD Provinsi Papua Tengah serta didukung oleh tim pengajar dari widyaiswara BNPB dan tim pelaksana dari Pusdiklat BNPB.  


Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN