Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Pelatihan Tim Siaga Bencana dalam Rangka Mewujudkan Kelurahan Tangguh Bencana

Dilihat 470 kali
Pelatihan Tim Siaga Bencana dalam Rangka Mewujudkan Kelurahan Tangguh Bencana

Foto : Pelatihan Kelurahan Tangguh Bencana ini dilaksanakan di Gedung Graha Sintesa, Kelurahan Bojong Rawalumbu ada Kamis, (7/3) yang dihadiri oleh 42 peserta pelatihan sebagai perwakilan setiap RW di Kelurahan Bojong Rawalumbu. (Pusat Pendidikan dan Pelatihan BNPB)

BEKASI - Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BNPB kembali mendukung pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana di Kota Bekasi. Kegiatan ini diprakarsai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi, yang difasilitasi materi dari Pusdiklat BNPB. 

Kali ini BPBD Kota Bekasi kembali melakukan pelatihan tim siaga bencana di Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Pelatihan ini dilakukan untuk memperkuat pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana, mengingat Bekasi merupakan salah satu wilayah yang rentan terkena bencana banjir. 

Dalam pelatihan tim siaga bencana ini, kelurahan Bojong Rawalumbu juga diberikan perahu karet sebagai peralatan pendukung dalam pembentukan kelurahan tangguh bencana.

Enung Nueholis, S.I.P, M.SI. selaku Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi dalam sambutannya berharap pelatihan ini dapat dipraktekkan langsung oleh para peserta pelatihan ketika terjadi bencana.

“Saya harap dengan diadakannya pelatihan ini, pengetahuan yang didapat oleh masyarakat dapat dipraktekkan langsung ketika terjadi bencana. Agar pengetahuan ini juga dapat diteruskan ke keluarga dan masyarakat lain yang belum mengikuti pelatihan,” ujar Enung.

Pelatihan Kelurahan Tangguh Bencana ini dilaksanakan di Gedung Graha Sintesa, Kelurahan Bojong Rawalumbu ada Kamis, (7/3) yang dihadiri oleh 42 peserta pelatihan sebagai perwakilan setiap RW di Kelurahan Bojong Rawalumbu.

Materi pelatihan ini disampaikan oleh Roswanto S.E., M.M widyaiswara Pusdiklat PB BNPB. Materi yang disampaikan antara lain pengenalan kelurahan tangguh bencana, pengenalan bencana yang terjadi di Indonesia dengan penayangan video, dan adanya sesi sharing terjadinya bencana di sekitar tempat tinggal bersama para peserta. 

Penyampaian materi turut disampaikan melalui video dokumentasi kejadian bencana di berbagai tempat, diantaranya yaitu bencana tsunami di Aceh, bencana banjir dan tanah longsor, dan video para relawan yang membantu evakuasi bencana. 

Pada pelatihan ini juga dilakukan pendataan koordinator untuk tim siaga bencana, bencana yang ada di setiap RW Kelurahan Bojong Rawalumbu serta sumber daya yang dimiliki. Hal ini untuk mempermudah komunikasi dan penyampaian informasi dari masyarakat ke BPBD.



Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 

Penulis

Admin


BAGIKAN