Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Pastikan Protokol Kesehatan Bisa Berjalan Optimal, Ganip Warsito Tinjau Venue PON XX Papua

Dilihat 165 kali
Pastikan Protokol Kesehatan Bisa Berjalan Optimal, Ganip Warsito Tinjau Venue PON XX Papua

Foto : Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito SE., MM., melakukan peninjauan venue Tenis yang menyelenggarakan pertandingan POX XX di Kota Jayapura, Kamis (30/9). (Komunikasi Kebencanaan BNPB/Apri Setiawan)


KOTA JAYAPURA - Potensi penularan Virus Covid-19 bisa saja terjadi apabila penerapan disiplin protokol kesehatan tidak dijalankan. mengantisipasi hal ini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito SE., MM., melakukan peninjauan venue yang menyelenggarakan pertandingan PON XX. Terdapat tiga venue yang sudah dilakukan peninjauan yakni venue cabang olahraga (cabor) Tenis, venue cabor dayung dan venue sepak bola putra yang terletak di Kota Jayapura, pada Kamis (30/9).

Pada peninjauan venue tenis, terlihat alur masuk para penonton yang terlebih dahulu dilakukan screening awal oleh pihak penyelenggara. Salah satu syarat bagi para penonton yang akan hadir harus membawa surat bebas covid melalui tes antigen. Dilokasi pintu masuk venue juga disediakan tes antigen bagi para penonton dan staff yang belum melakukan tes sebelumnya. Hal ini dibenarkan oleh Made selaku koordinator keamanan di venue tenis.

"Betul, harus swab terlebih dahulu atau membawa surat hasil negatif tes antigen 1x24 jam untuk masuk jadi penonton," ujar Made saat melaporkan situasi dan kondisi terkini kepada Ganip.

Ganip Warsito yang juga sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyempatkan melihat gerai masker yang diinisiasi BNPB ditiap lokasi venue yang dikunjunginya. Sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan pun tak luput dari peninjauan Ganip. Terlihat disetiap pintu masuk, sudah terdapat tempat untuk cuci tangan dan handsanitizer di beberapa titik lokasi venue. Namun masih terdapat venue yang belum menepatkan alat pengukur suhu didepan pintu masuk.

Sementara itu, pada venue sepakbola putra Ganip memberikan catatan penting kepada penyelenggara, untuk tidak bosan-bosannya mengingatkan para penonton untuk selalu menjaga disiplin protokol kesehatan.

"Saya minta untuk penyelenggara, selalu diingatkan kepada para penonton yang hadir untuk selalu menjaga disiplin protokol kesehatan," ujar Ganip.

"Jangan lupa pakai masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan," tambah Ganip.

Hal ini dikarenakan antusiasme para warga cukup tinggi apabila ada pertandingan sepakbola berlangsung, terlebih lagi jika tim tuan rumah sedang bertanding, agar jumlah penonton tetap dapat diatur dari kapasitas stadion yang ada.

BNPB selaku Ketua Satgas selalu memberikan dukungan terhadap penerapan disiplin protokol kesehatan demi kesuksesan acara PON XX terselenggara dengan aman dan terhindar dari penularan Covid-19.



Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN