Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Pastikan Prokes Saat Solat Jumat, Relawan Prokes Bagikan Masker kepada Umat

Dilihat 157 kali
Pastikan Prokes Saat Solat Jumat, Relawan Prokes Bagikan Masker kepada Umat

Foto : Relawan Sub Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Sub Satgas Prokes) membagikan masker kepada masyarakat yang menjalankan ibadah solat Jumat di Masjid Raya Al-Aqsha, Kota Merauke, Provinsi Papua, Jumat (1/10). (Komunikasi Kebencanaan BNPB/Theophilus Yanuarto)


MERAUKE – Sub Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Sub Satgas Prokes) memastikan aktivitas warga aman Covid-19. Salah satunya dengan penggunaan masker saat warga melakukan solat Jumat di Masjid Raya Al-Aqsha di Kota Merauke, Provinsi Papua. 

Para relawan tampak membagikan masker kepada warga yang tidak menggunakan masker saat memasuki gerbang masjid. Relawan protokol kesehatan yang bertugas menghentikan warga atau mereka yang berkendara untuk berhenti sejenak. Mereka memastikan warga telah menggunakan masker yang direkomendasikan maupun pemakainnya secara benar. 

Saat berada di lingkungan Masjid Al-Aqsha, Ketua Sub Satgas Prokes Agus Riyanto, S.T., M.M. mengarahkan pembagian relawan dalam mendistribusikan masker. Ia berharap setiap umat yang memasuki masjid menerapkan disiplin prokes, khususnya pemakaian masker. 

“Ijin Pak, mohon sebagian relawan berjaga di gerbang masjid pada di sisi lain dan juga sebelum memasuki bangunan masjid,” ujar Agus di Masjid Al-Aqsha pada Jumat (1/10).

Tak hanya pendistribusian di masjid ini, Agus juga menyampaikan pembagian masker juga dilakukan pada beberapa masjid di Kota Merauke. Pada hari Minggu nanti, pihaknya juga akan membagikan masker kepada para jemaat gereja di wilayah Merauke. 

Sub Satgas Prokes ingin memastikan bahwa setiap warga disiplin menggunakan masker dalam setiap aktivitas kemasyarakatan, termasuk saat menonton ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 


H-1 Jelang Pembukaan PON XX

Satu hari jelang pembukaan PON XX Sub Satgas Prokes terus membagikan masker kepada warga masyarakat Merauke. Gerai masker tetap aktif di gelanggang olahraga yang sudah menyelenggarakan pertandingan, seperti di GOR Hiad Sai. Di samping itu, tak hanya kepada warga di sekitar tempat penyelenggaraan pertandingan, tetapi juga petugas kebersihan pendukung PON. 

Sub Satgas Prokes juga menyertakan imbauan dalam berbagai bentuk, seperti spanduk, standing banner maupun papan informasi prokes. Hal tersebut sebagai bentuk edukasi dan pengingat kepada publik untuk menerapkan protokol kesehatan pada saat menyaksikan pertandingan PON XX. Pada hari ini terbentang spanduk besar imbauan untuk prokes atau 3M besar di Stadion Katapal. 

Narasi-narasi dengan bahasa setempat dan jingle juga dipersiapkan Sub Satgas Prokes untuk diberikan kepada pihak penyelenggara. Pendekatan ini diharapkan secara optimal untuk mengedukasi warga sehingga selalu berdisiplin untuk menerapkan prokes di lokasi penyelenggaraan PON XX.

BNPB dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional berharap penguatan prokes dalam penyelenggaraan PON XX dapat mengantisipasi lonjakan kasus di Kabupaten Merauke. Di sisi lain, BNPB mengapresiasi dukungan penguatan prokes dari Pemerintah Kabupaten Merauke, TNI, Polri dan para relawan dari berbagai organisasi nonpemerintah yang ada di Merauke. 


Abdul Muhari, Ph.D.

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan 

Penulis

Admin


BAGIKAN