Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Pantauan Sore ini, Banjir Mulai Surut di Dua Kelurahan, Kecamatan Serang

Dilihat 489 kali
Pantauan Sore ini, Banjir Mulai Surut di Dua Kelurahan, Kecamatan Serang

Foto : TIm Gabungan melakukan pemantauan pascabanjir yang terjadi di Kota Serang, Banten, Selasa (1/3). (BPBD Kota Serang)

JAKARTA – Banjir melanda sejumlah titik di Kota Serang, Provinsi Banten, pada pagi tadi, Selasa (1/3). Terdapat tiga kecamatan  yang terdampak peristiwa yang bermula pada pukul 06.00 WIB tersebut. Akan tetapi, saat berita ini diturunkan, tinggi muka air pada dua kelurahan terdampak terpantau mulai surut. 

Hal tersebut dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang pada sore ini. Genangan yang terpantau mulai surut berada di Kelurahan Lontar Baru dan Kelurahan Serang, Kecamatan Serang. Namun demikian, petugas gabungan masih bersiaga untuk mengantisipasi dampak yang lebih buruk. Data sementara pada hari ini (1/3), pukul 17.54 WIB, sebanyak 1.333 KK terdampak banjir yang terjadi setelah hujan lebat mengguyur kawasan kecamatan. 

BPBD Kota Serang mengidentifikasi wilayah terdampak yaitu tersebar pada delapan kelurahan di tiga kecamatan. Kelurahan tersebut yaitu Kelurahan Lontar Baru, Serang, Kagungan dan Kota Baru di Kecamatan Serang, Kelurahan Kasemen, Terumbu dan Kasunyatan di Kecamatan Kasemen serta Kelurahan Drangong di Kecamatan Taktakan. 

Belum ada laporan terkait korban jiwa akibat peristiwa ini. Pihak BPBD yang dibantu pihak kelurahan dan kecamatan masih melakukan pendataan terkait warga yang mengungsi. Petugas gabungan BPBD yang dibantu TNI, Polri dan relawan memfokuskan pada upaya penyelamatan dan evakuasi warga terdampak banjir. 

Kota Serang termasuk wilayah dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Kajian inaRISK mencatat 6 kecamatan berada pada bahaya dengan kategori tersebut, salah satunya kecamatan yang saat ini terdampak banjir. Kelima kecamatan dengan potensi bahaya banjir yaitu Kecamatan Curug, Walantaka, Cipocok Jaya, Taktakan dan Kasemen. 

Meskipun sudah melewati puncak musim hujan, warga diharapkan tetap waspada terhadap hujan intensitas tinggi yang masih bisa terjadi di awal Maret ini.  

Menyikapi prakiraan cuaca dua hari ke depan, BNPB mengimbau pemerintah dan warga tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya banjir susulan. Prakiraan pada esok hari dan lusa (3/3) wilayah Kecamatan Serang masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan. BNPB telah memonitor dan melakukan koordinasi dengan BPBD Provinsi Banten terkait bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di provinsi tersebut. Apabila warga harus melakukan evakuasi ke tempat pengungsian sementera, pastikan protokol kesehatan untuk menghindari terpapar Covid-19.


Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 


Penulis

Admin


BAGIKAN