Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Melihat Simulasi Evakuasi Mandiri Warga Tlogolele Dalam HKB 2022

Dilihat 861 kali
Melihat Simulasi Evakuasi Mandiri Warga Tlogolele Dalam HKB 2022

Foto : Warga Dusun Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali mengikuti simulasi evakuasi mandiri bencana Gunung Merapi, Senin (26/4). (Komunikasi Kebencanaan BNPB/Danung Arifin)

Warga Dusun Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali mengikuti simulasi evakuasi mandiri bencana Gunung Merapi, Senin (26/4). Kegiatan itu dilaksanakan sekaligus sebagai bagian dari rangkaian acara puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2022 yang dipusatkan di lereng Gunung Merapi.


Desa Tlogolele khususnya Dusun Stabelan merupakan wilayah terdekat dengan puncak merapi. Jika ditarik garis lurus, jarak antara dusun yang berada di ketinggian 1.555 mdpl itu hanya 3 kilometer saja dari puncak. Menurut rekomendasi BPPTKG, wilayah Desa Tlogolele masuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III, oleh sebab itu simulasi evakuasi mandiri dari potensi ancaman bencana Gunung Merapi mutlak dilakukan.


Dalam simulasi itu, ada tiga hal yang menjadi prioritas dan harus diutamakan. Pertama adalah kelompok rentan yang meliputi ibu hamil, anak-anak, lansia dan disabilitas. Selanjutnya hewan ternak juga menjadi prioritas yang utama disusul oleh masyarakat pada umumnya.

Penulis

Admin


BAGIKAN