Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Lesson Learned Indonesia In ICS Conferences

Dilihat 469 kali
Lesson Learned Indonesia In ICS Conferences

Foto : Lesson Learned Indonesia In ICS Conferences ()

Ayuthhaya, Thailand (25/2) - Penanganan kejadian bencana Indonesia beberapa tahun terakhir cukup menjadi perhatian dari beberapa negara di Kawasan Asia dan Regional. Lesson Learned, berbagai informasi terkait emergency response merupakan agenda utama “Incident Command System Lesson Learned Conference” / ICS LLC yang pertama kalinya diselenggarakan sejak 25 – 28 Februari 2015 di Krungsri River Hotel, Ayuthayya oleh Thailand Departement of Disaster Prevention and Mitigation (DDPM) dan US Forest Service (USFS).  
Delegasi RI yang diwakili oleh BNPB berpartisipasi dalam pembelajaran, tantangan dan praktik terbaik dalam operasionalisasi Incident Command System Conference. Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Ir. B. Wisnu Widjaja, MSc pada sesi “Lesson Learned and Best Practice – Telling Our Stories” Ir. B. Wisnu Widjaja, MSc menceritakan perjalanan Indonesia dalam penanganan bencana pasca Tsunami Aceh 2004 sebagai wakeupcall dunia, dimana Indonesia telah menyiapkan National Commitment for Disaster Management, Laying Foundation for DM, dan Enhancing the Effectiveness of DM, ICS Indonesia Programs and Emergency System Management untuk kesiapsiagaan menghadapi bencana.  
Konferensi yang dibuka oleh Gubernur Ayuthhaya, Mr. Apichart Tohdilokvech, ini diharapkan dapat dikembangkan rekomendasi untuk mengintergasikan ICS ke dalam sistem penanggulangan bencana baik ditingkat nasional maupun regional serta sebagai media jejaring kerjasama antara pekerja kemanusiaan dari berbagai negara.   BNPB pada event ini, turut berpartisipasi dalam Exhibition Booth ICS LLC dan  materi yang ditampilkan menceritakan tentang perjalanan Disaster Management Indonesia pasca diterbitkannya UU 24/2007 serta pembelajaran dari Struktur Tanggap Darurat Merapi 2010 dan Sinabung 2013 hingga prinsip Build Back Better and Safer yang disampaikan dalam bentuk poster. Data Bencana Indonesia 2014, Fasilitas Ina DRTG, Mobile Satelite Communication, DIBI, Geospatial hingga informasi terkait Lembaga Sertifikasi Profesi PB / Profesional Certification Disaster Management Indonesia menjadi informasi bagi para peserta konferensi dan eksebisi. 
Penulis

Admin


BAGIKAN