Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

HUJAN SINABUNG BANTU PERCEPAT PEMULANGAN PENGUNGSI

Dilihat 497 kali
HUJAN SINABUNG BANTU PERCEPAT PEMULANGAN PENGUNGSI

Foto : HUJAN SINABUNG BANTU PERCEPAT PEMULANGAN PENGUNGSI ()

Kabanjahe (16/2). Pasca erupsi sinabung 1 Februari 2014 yang menewaskan 17 orang di Kaki Gunung Sinabung, belum pernah turun hujan. Namun sejak 2 (dua) hari lalu di wilayah ini telah diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dimulai sejak sore hingga sekitar pukul 20.00. Hujan sejak 2 (dua) hari yang turun sangat membantu program percepatan pemulangan pengungsi, baik untuk program pembersihan hunian maupun lahan pertanian. 
Turunnya hujan ini semoga dapat dimaknai sebagai upaya untuk dapat segera kembali ke desanya dan melakukan aktivitas keseharian yang telah lama ditinggalkan selama 4 (empat) bulan lebih berada di Posko Pengungsian. Warga desa yang telah diperbolehkan pulang sesuai rekomendasi PVMBG agar dapat mematuhi larangan pemerintah untuk tidak beraktivitas dan berada di dalam radius 5 Km dengan alasan apapun.
Warga desa yang sudah kembali berjumlah 5783 jiwa/1619 KK, yaitu Desa Batu Karang, Desa Rimo Kayu dan Desa Naman. Sedangkan warga desa lainnya yang akan dikembalikan berasal dari Tiganderket, Kutambaru, Tanjung Merawa, Kutambelin, Kebayaken, Gungpinto, Sukandebi dan payung yang saat ini tengah melakukan pembersihan hunian dan fasilitas umum bersama TNI, Polri dan Relawan.
Tim Penanggulangan Bencana Sinabung bersama unsur Pemkab Karo secara rutin melakukan sosialisasi di Posko-posko pengungsian untuk memberikan pemahaman secara utuh kepada pengungsi sebagai proses pengetahuan gejala Sinabung dan untuk membentuk penanganan secara mandiri serta kesiapsiagaan masyarakat di masa mendatang. Unsur Pemkab Karo menyampaikan materi sosialisasi terkait program pelayanan bantuan pendidikan, pertanian dan kesehatan (slamry).
Pusdatinmas BNPB<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style> -->
Penulis

Admin


BAGIKAN