Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Delapan Warga Mengungsi Akibat Banjir di Bengkalis

Dilihat 552 kali
Delapan Warga Mengungsi Akibat Banjir di Bengkalis

Foto : Banjir melanda Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau pada Selasa (27/9). Peristiwa tersebut terjadi pasca hujan deras yang menerjang lokasi tersebut pada pukul 09.00 WIB. (BPBD Kabupaten Bengkalis)


JAKARTA – Banjir melanda Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau pada Selasa (27/9). Peristiwa tersebut terjadi pasca hujan deras yang menerjang lokasi tersebut pada pukul 09.00 WIB.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat hingga Rabu (28/9) dini hari, tercatat 40 KK / 160 jiwa terdampak dan sebanyak 40 unit rumah warga terendam dengan ketinggian 80 sampai 100 centimeter. Banjir juga menyebabkan delapan warga Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan mengungsi ke tempat lebih aman. Kondisi terakhir dilaporkan banjir sudah berangsur surut.

Pada saat kejadian, Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis langsung menuju lokasi terdampak untuk melakuan kaji cepat dan mengevakuasi warga. Hingga kini masih terus dilakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penanganan lanjutan. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosfisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca di wilayah Kabupaten Bengkalis akan didominasi hujan dengan intensitas ringan yang akan terjadi hari Kamis (29/9) dan potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir terjadi pada Jumat (30/9).

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagan untuk mengantisipasi datangnya banjir meminimalisir dampak, dengan melakukan hal berikut seperti, mencari informasi terkait cuaca pada lembaga yang berwenang, memperhatikan tanda-tanda alam seperti memantau debit air sungai, rutin membersihkan saluran air yang dapat menyumbat dan menyebabkan banjir, serta bagi yang tinggal disekitar aliran sungai agar ketika hujan turun dengan itensitas tinggi terjadi terus selama satu jam segera melakukan evakuasi mandiri.



Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN