Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BPBD Tojo Una-Una Siaga Pascagempa M5,4

Dilihat 830 kali
BPBD Tojo Una-Una Siaga Pascagempa M5,4

Foto : Gempa bumi terjadi dengan kekuatan M5,4 pada Jumat dini hari (19/1), pukul 00.36 WIB atau 01.36 waktu setempat. (BMKG)

JAKARTA – Gempa bumi terjadi dengan kekuatan M5,4 pada Jumat dini hari (19/1), pukul 00.36 WIB atau 01.36 waktu setempat. BPBD Kabupaten Tojo Una-Una di Provinsi Sulawesi Tengah, melakukan kaji cepat di lapangan setelah guncangan gempa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tojo Una-Una melaporkan adanya dampak pascagempa. Laporan sementara hingga pagi ini (19/1), pukul 02.57 Wita, warga yang merasakan guncangan berada di Desa Bongka Makmur dan Desa Uwekambuno. Kedua desa ini berada di Kecamatan Ulubongka. BPBD setempat menyebutkan satu rumah warga Bongka Makmur mengalami rusak ringan. Mengantisipasi gempa susulan dan dampak kerusakan, warga setempat masih memilih untuk tinggal di luar rumah.

Sampai dengan saat ini, belum ada laporan jatuhnya korban jiwa atau pun luka-luka.

Personel BPBD telah melakukan upaya darurat dengan menurunkan jajarannya untuk melakukan kaji cepat lapangan. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan aparat dari kedua desa tadi.

Menurut laporan, warga Ampana merasakan adanya 7 kali guncangan gempa. Kondisi tersebut sempat menyebabkan kepanikan di tengah masyarakat. Namun, kondisi berangsur normal kembali. Beberapa warga tampak masih berjaga di sekitar rumah mereka.

Berdasarkan parameter gempa, fenomena geologi ini terjadi pada kedalaman 10 km. Pusat gempa berada di darat 9 km barat daya Tojo Una-Una. Dilihat dari skata intensitas guncangan yang diukur dengan Modified Mercalli Intensity (MMI), wilayah Tojo Una-Una dan Poso teridentifikasi pada III-IV MMI.

Merujuk pada deskripsi IV MMI dari BMKG, intensitas tersebut digambarkan pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sehari sebelumnya (18/1), guncangan gempa M4,5 dengan kedalaman 6 km pada pukul 23.06 WIB. Pusat gempa tersebut berada di darat 5 km barat laut Tojo Una-Una. MMI terukur pada II- III MMI di Ampana dan Poso.

Pusat Pengendalian Operasi BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD setempat dan memantau dampak pascagempa.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siaga dalam menghadapi potensi gempa susulan. Mengantisipasi dampak gempa, warga yang merasakan guncangan diharapkan untuk memastikan kondisi struktur bangunan dalam kondisi aman apabila ingin kembali ke rumah.

Di samping itu, jangan terpancing oleh berita palsu atau hoaks, yang dapat menyebabkan kepanikan. Warga dapat mengakses informasi dari sumber resmi, seperti BNPB, BMKG dan BPBD.


Abdul Muhari, Ph.D.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN