Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BNPB Terima Kunjungan Perwakilan Universitas Telkom

Dilihat 10535 kali
BNPB Terima Kunjungan Perwakilan Universitas Telkom

Foto : Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Dr. Lilik Kurniawan, S.T., M.Si saat memberikan pemaparan kepada Perwakilan Program Studi S2 Administrasi dan Bisnis Universitas Telkom pada Kamis (11/5). (Bidang Komunikasi Kebencanaan / Muhammad Arfari Dwiatmodjo)

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima kunjungan perwakilan Program Studi S2 Administrasi dan Bisnis Universitas Telkom pada Kamis (11/5). Kunjungan ini bertujuan agar para mahasiswa memahami kebijakan pemerintah terkait dengan penanggulangan bencana. Sebanyak enam puluh perwakilan mahasiswa dan dosen ini diberikan pengetahuan penanganan bencana yang dilakukan BNPB selaku koordinator penanggulanan bencana di Indonesia.

Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Dr. Lilik Kurniawan, S.T., M.Si yang menerima kunjungan tersebut mengatakan, BNPB mempunyai tugas utama menangani bencana baik itu bencana alam maupun non alam.

“Indonesia merupakan negara kepulauan, yang dikelilingi lempeng tektonik dan khatulistiwa, dengan fakta tersebut Indonesia mengalami banyak bencana,” ucap Lilik.

“BNPB menangani bencana alam di Indonesia dan melindungi segenap bangsa Indonesia dari bencana, selain itu juga sempat menangani Covid-19 serta penyakit mulut dan kuku,” lanjutnya.

Selain mempunyai tugas untuk menangani bencana di Indonesia, BNPB juga beberapa kali memberikan bantuan kemanusiaan kepada negara-negara yang mengalami bencana.

“Baru-baru ini memberikan bantuan kepada Vanuatu yang terdampak badai siklon,” ungkap Lilik.

Dirinya berharap para peserta meningkatkan kesiapsiagaan dengan dimana pun berada.

“Kita harus tahu lokasi kita, rumah kita, kampus kita dalam tingkat risiko bencana apa. Kemudian kita harus tahu apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko bencananya,” pungkasnya.

Selain pemaparan oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan, para peserta juga mendapatkan materi tentang Komunikasi saat Penanggulangan Bencana dan Peran Pusat Pengendalian Operasi dalam penanganan bencana. Kemudian peserta berkesempatan mengunjungi diorama edukasi bencana dan ruang Pusdalops.


Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 


Penulis

Admin


BAGIKAN