Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BNPB Resmi Luncurkan inaRISK Creative Week 2022

Dilihat 547 kali
BNPB Resmi Luncurkan inaRISK Creative Week 2022

Foto : Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB melaunching ICWeek 2022 di Studio BNPB, Jumat (29/7) (Bidang Komunikasi Kebencanaan BNPB)


JAKARTA – Setelah berhasil menggelar inaRISK Hackathon Fest 2021, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Direktorat Sistem Penangulangan Bencana kembali menghadirkan edukasi kebencanaan dengan konsep kompetisi bagi anak muda. Hari ini, Jumat (29/7) BNPB resmi meluncurkan kompetisi inaRISK Creative Week (ICWeek) 2022.

Kompetisi ini menyasar pelajar SMA dan mahasiswa hingga jenjang S2. Dengan mengusung tema “inaRISK untuk Resiliensi Berkelanjutan”, ICWeek 2022 akan digelar mulai bulan Juli hingga September 2022 nanti.

inaRISK sendiri merupakan sebuah aplikasi Kajian Risiko Bencana Online berbasis sistem informasi geografis. inaRISK dikembangkan sedemikian rupa sehingga mudah dimanfaatkan masyarakat untuk menganalisis perencanaan dan identifikasi awal risiko bencana di wilayahnya secara mandiri, karena tidak dapat dipungkiri bahwa bencana merupakan kejadian yang akan berulang. 

Deputi Bidang Sistem dan Strategi, Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si. mengatakan, data, informasi, dan edukasi terkait kebencanaan harus bisa diakses masyarakat secara menyeluruh.

"Dengan adanya aplikasi digital inaRISK ini diharapkan informasi dan edukasi terkait kebencanaan, khususnya risiko dapat diakses semudah mungkin," jelas Raditya dalam Talkshow Launching inaRISK Creative Week 2022 di Studio BNPB, Jakarta, pada Jumat (29/7).

Dari tahun ke tahun, inaRISK terus mengalami perkembangan teknologi maupun tampilan untuk memberikan kemudahan akses masyarakat. Tahun ini, inaRISK Creative Week 2022 memiliki tagline “inaRISK Baru-Ini-Baru inaRISK”. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan penyegaran dan pembaharuan tampilan inaRISK Personal agar lebih memenuhi kebutuhan masyarakat.

"ICweek 2022 merupakan salah satu wadah bagi masyarakat yang memiliki hobi desain serta antusias terhadap  pengembangan aplikasi untuk berpartisipasi dalam pengembangan penanggulangan bencana berbasis digital," jelas Didik Kurniawan selaku Ketua Panitia ICweek 2022.

Ada 2 kategori yang dilombakan yaitu Lomba desain UI/UX inaRISK Personal dan Lomba Desain Komunikasi Visual. Selain itu, ada 2 kegiatan pendukung yang dibuka untuk umum yaitu Webinar Teknologi Informasi inaRISK dan inaRISK Virtual Running. 

"Bagi #SahabatTangguh yang ingin berpartisipasi syaratnya cukup mudah, yaitu pelajar sekolah menengah atas dan sederajat atau mahasiswa dengan jenjang maksimal Strata 2 (S2)," tambahnya.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 29 Juli sampai 21 Agustus 2022.

Kabar baiknya, pendaftaran ICWeek 2022 tidak dipungut biaya alias gratis. Pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, piagam penghargaan, serta tas siaga bencana, dan ipad air dari para mitra BNPB dengan total hadiah hingga 50 juta rupiah. Perwakilan pemenang akan menerima hadiah saat pelaksanaan Puncak Peringatan Bulan PRB tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Timur.

Ayo daftarkan tim kamu segera sebelum terlambat melalui laman https:// inarisk.bnpb.go.id/ICweek2002. Apabila menghadapi kesulitan dalam pendaftaran silahkan menghubungi: [email protected] atau [email protected].


Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 

Penulis

Admin


BAGIKAN