Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BNPB Memastikan Persiapan Akhir Jelang Pelaksanaan Peringatan Bulan PRB 2022 di Kaltim

Dilihat 22 kali
BAGIKAN
BNPB Memastikan Persiapan Akhir Jelang Pelaksanaan Peringatan Bulan PRB 2022 di Kaltim

Foto : Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi (kiri) memberikan arahan dalam rapat koordinasi persiapan Peringatan Bulan PRB 2022 bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda, Senin (22/9). (BNPB/Kedeputian Bidang Pencegahan BNPB)



SAMARINDA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Kedeputian Bidang Pencegahan bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengadakan rapat koordinasi dan finalisasi persiapan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tahun 2022.

Kegiatan ini dipimpin secara langsung oleh Deputi Bidang Pencegahan Prasinta Dewi didampingi oleh Direktur Kesiapsiagaan, Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana Agus Wibowo dan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda, kamis (22/9).

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi menyampaikan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2022 ini merupakan sarana untuk memperkuat pemahaman pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat terhadap aktivitas PRB sebagai investasi untuk ketangguhan. 

“Secara umum, peringatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku PRB serta dapat dijadikan ajang pembelajaran bersama bagi pelaku PRB seluruh Indonesia”, jelas Prasinta.

Selama berada di Samarinda, tim BNPB yang dipimpin Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi juga melakukan kunjungan ke Kabupaten Kutai Kertanegara untuk melihat persiapan Field Trip sebagai rangkaian acara Peringatan Bulan PRB 2022 dan berkesempatan melakukan audiensi dengan Sekretaris Daerah Kutai Kertanegara untuk berkoordinasi secara langsung mengenai dukungan pelaksanaan Field Trip di tanggal 13 Oktober 2022.

Lebih lanjut, Tim BNPB juga melakukan survei lokasi pelaksanaan kuliah umum ke Universitas Mulawarman. Dalam rangkaian puncak Peringatan Bulan PRB tahun 2022, kuliah umum akan dilaksanakan tgl 13 Oktober 2022. Adapun pesertanya adalah mahasiswa se Provinsi Kalimantan Timur dengan tujuan meningkatkan pemahaman kepada civitas akademia pentingnya PRB alam dan non alam. 

Rangkaian kegiatan Peringatan Bulan PRB Tahun 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 12 – 14 Oktober 2022 di Provinsi Kalimantan Timur dan pusat pelaksanaan kegiatan di BSCC Dome, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur dengan mengusung tema “Bersama Kita Tangguh” dan tagline: Bebaya Etam Tegoh. Harapannya dengan bersama-sama kita dapat mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana.


Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB


Admin

Penulis