Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BNPB Laksanakan TTX Kesiapsiagaan Bencana Dukung F1 Powerboat 2023

Dilihat 1301 kali
BNPB Laksanakan TTX Kesiapsiagaan Bencana Dukung F1 Powerboat 2023

Foto : Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan Tabletop Exercise (TTX) Kesiapsiagaan Bencana di Hotel Nabasa, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (15/2). (Tim TTX F1 Powerboat)


JAKARTA - Guna mendukung event internasional F1 Powerboat Tahun 2023 pada 24 sampai 26 Februari 2023 mendatang, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan Tabletop Exercise (TTX) Kesiapsiagaan Bencana di Hotel Nabasa, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (15/2).

Hal ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Pemerintah Indonesia dalam pengurangan risiko bencana pada penyelenggaraan berbagai event internasional dengan memastikan kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang memadai untuk kelancaran kegiatan.

BNPB sebagai Wakil Ketua Bidang Keselamatan dan Kesiapsiagaan Bencana Panitia Nasional Pendukung Penyelenggaraan Balap F1 H2O Tahun 2023 bertanggung jawab untuk melaksanakan simulasi keselamatan dan kesiapsiagaan bencana di kawasan penyelenggaraan Balap F1 H2O Tahun 2023 dan sekitarnya.

Deputi Bidang Sistem dan Strategi Dr. Raditya Jati mengatakan bahwa balap Powerboat ini menjadi prestise bagi Indonesia dan menjadi media bagi pertumbuhan ekonomi lokal. 

"Event ini menjadi prestise dan media untuk meningkatkan ekonomi lokal di Indonesia, kita harus memastikan penyelenggaraan ini aman dari ancaman bencana," ujar Raditya saat membuka kegiatan secara virtual. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Drs. Augus Sitorus menyampaikan bahwa kegiatan TTX ini bertujuan untuk menginventarisasi permasalahan agar dapat dicegah sedini mungkin.

"Melalui kegiatan ini diharapkan panitia serta seluruh unsur pemerintah daerah di Danau Toba dan Sumatera Utara dapat menginventarisasi permasalahan, khususnya ancaman bencana sehingga dapat kita cegah sedini mungkin dan tidak terjadi," tutur Augus. 

Selain itu, Augus kembali menjelaskan tujuan kegiatan TTX guna meningkatkan pemahaman bersama terkait pentingnya rencana kontingensi untuk memastikan keselamatan dan kesiapsiagaan bencana pada saat dilaksanakan Kejuaraan Balap F1 Powerboat tahun 2023 di Kawasan Strategis Prioritas Nasional Danau Toba.

"Hal ini tentunya untuk memperjelas mekanisme dan prosedur, lokasi/tempat evakuasi dan pengerahan sumber daya pada saat terjadi bencana di kawasan acara," ungkap Augus. 

"Kita juga memperjelas pembagian peran dan tanggung jawab masing-masing pihak pada saat terjadi kecelakaan transportasi dan kejadian bencana," tambahnya.

Hasil rekomendasi dari TTX ini meliputi penyusunan dokumen Rencana Penanggulangan Bencana, Kajian Risiko Bencana, dan dokumen perencanaan turunan lainnya bagi kawasan Toba mengingat event internasional akan dilaksanakan secara berkala serta penyusunan dokumen rencana kontinjensi Standar Operasional Prosedur Kebencanaan yang terpadu untuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba khusus pelaksanaan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) pada event tertentu.

F1 Powerboat merupakan pertandingan balap perahu super cepat yang merupakan balapan powerboat dengan level tertinggi di dunia, dan telah dilaksanakan di 39 negara sejak 1984.  Kegiatan balapan F1 Powerboat akan dilaksanakan di kawasan Lapangan Sisingamangaraja dan Pelabuhan Balige pada 24 sampai 26 Februari 2023 dimana di sekitar kawasan tersebut memiliki risiko bencana gempa bumi dan tanah longsor.



Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN