Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BNPB Dukung Balap F1 Powerboat 2024 Danau Toba

Dilihat 941 kali
BNPB Dukung Balap F1 Powerboat 2024 Danau Toba

Foto : Gladi lapang keselamatan dan kesiapsiagaan bencana untuk menguji standard operating procedures evakuasi dan jaring komunikasi bersama Basarnas, BPBD, BMKG, TNI, Polri, Dinas Kesehatan, dan Chief Medical Officer (CMO) InJourney pada 29 Februari 2024. (Kedeputian Bidang Sistem Dan Strategi)

JAKARTA – BNPB memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Balap F1 Powerboat 2024 Danau Toba. Acara internasional ini akan digelar di Provinsi Sumatra Utara pada 2 – 3 Maret tahun ini. Kegiatan bergengsi yang diikuti banyak negara sekaligus mempromosikan daerah wisata super prioritas Danau Toba. 

Sebelum berlangsung acara tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Direktorat Sistem Penanggulangan Bencana melaksanakan serangkaian kegiatan dukungan. Dukungan tersebut bertujuan terutama untuk upaya pencegahan dan mitigasi terhadap potensi bahaya yang dapat mengganggu jalannya acara Balap F1 Powerboat 2024.

Berikut ini serangkaian kegiatan yang telah dilakukan BNPB dalam dukungan terhadap ajang internasional tersebut.

Pertama, rapat koordinasi Bidang Keselamatan dan Kesiapsiagaan Bencana. Ini menjadi tugas dan fungsi BNPB dan BPBD sebagai leading sector dalam konteks kebencanaan. Pertemuan tersebut telah berlangsung pada 21 Februari 2024 lalu. 

Kedua, pengecekan lokasi utama pelaksanaan Balap F1 Powerboat dan area penonton di sepanjang tepi Danau Toba di Balige, Kabupaten Toba, bersama BPBD Provinsi Sumatra Utara dan BPBD Kabupaten Toba pada 22 Februari 2024.

Ketiga, berpartisipasi dalam tactical floor game (TFG) yang dilaksanakan  oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) untuk menguji kesiapan pergerakan personel dan alutsista Bidang Keselamatan dan Kesiapsiagaan Bencana pada 28 Februari 2024.

Keempat yaitu gladi lapang keselamatan dan kesiapsiagaan bencana untuk menguji standard operating procedures evakuasi dan jaring komunikasi bersama Basarnas, BPBD, BMKG, TNI, Polri, Dinas Kesehatan, dan  Chief Medical Officer (CMO) InJourney pada 29 Februari 2024.

Kelima, pemetaan terhadap jalur evakuasi serta  pemasangan tanda titik kumpul dan arah evakuasi untuk mengantisipasi kepanikan pada kerumunan apabila ada kejadian kedaruratan,  seperti gempa bumi saat pelaksanaan Balap F1 Powerboat.

Dari hasil analisis BNPB, risiko bencana yang berada di Kabupaten Toba adalah gempa bumi sedang yang disertai longsor. Menyikapi potensi tersebut, BNPB merekomendasikan kepada penyelenggara balap untuk melakukan beberapa langkah, di antaranya.

1.    Memberikan akses bagi personel BPBD Provinsi Sumatra Utara dan BPBD Kabupaten Toba untuk dapat berada di command center Balap F1 Powerboat

2.    Memastikan adanya prosedur evakuasi, safety briefing dan sosialisasi potensi risiko bencana kepada seluruh elemen di lokasi utama

3.    Memasang rambu petunjuk arah evakuasi dan titik kumpul dilengkapi dengan petugas yang memandu evakuasi bagi seluruh elemen di lokasi utama.

Seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan pelaksanaan tugas dari Keputusan Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Nomor 154 Tahun 2023 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Kejuaraan Balap Air Internasional Aquabike Tahun 2023-2027 dan Formula 1 Powerboat Tahun 2024-2027. 

Surat keputusan ini menunjuk Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB sebagai Wakil Ketua I Bidang Keselamatan dan Kesiapsiagaan Bencana dan Direktur Sistem Penanggulangan Bencana BNPB sebagai anggota Bidang Keselamatan dan Kesiapsiagaan Bencana.



Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN