Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BNPB Berbagi Pengalaman Penanganan Bencana kepada Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia

Dilihat 15 kali
BAGIKAN
BNPB Berbagi Pengalaman Penanganan Bencana kepada Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia

Foto : Sebanyak 25 perwakilan Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (Menwa UI) melakukan kunjungan ke kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta pada Jumat (26/11). Salah satu agenda kunjungan bertujuan mendapatkan pengetahuan penanggulangan bencana melalui diorama. (BNPB)



JAKARTA - Sebanyak 25 perwakilan Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (Menwa UI) melakukan kunjungan ke kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta pada Jumat (26/11). Salah satu agenda kunjungan bertujuan mendapatkan pengetahuan penanggulangan bencana melalui diorama. 

Kunjungan ini dalam rangka pengembangan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang kebencanaan bagi para mahasiswa yang tergabung dalam Menwa UI. Para perwakilan Menwa UI ini berkesempatan untuk melihat fasilitas yang terdapat di BNPB yaitu Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) dan Diorama Edukasi Kebencanaan. 

Dalam paparannya, Wing Prasetyo Ardi Kepala Bidang Dukungan Kaji Cepat dan Perencana Operasi Pusdalops BNPB menjelaskan, wilayah Indonesia merupakan wilayah yang berpotensi akan terjadi bencana. 

"Hampir seluruh wilayah di Indonesia rawan bencana, terutama bencana hidrometeorologi yang terkait cuaca dan iklim, seperti saat ini sedang terjadi banyak banjir dan tanah longsor," ucap Wing. 

Lebih lanjut ia menambahkan, dalam menangani bencana, BNPB memiliki kepanjangan tangan di daerah yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang berada di seluruh provinsi di Indonesia. 

"Pengumpulan data bencana bersumber dari berbagai pihak di daerah salah satunya BPBD, terdapat 34 BPBD tingkat provinsi dan 514 tingkat kabupaten atau kota," pungkasnya. 

Setelah mendapatkan paparan, perwakilan Menwa UI berkeliling ke Diorama Edukasi Kebencanaan yang terletak di lantai 11 dan 12. Mereka mendapatkan penjelasan melalui infografik, video edukasi, maket gunung berapi dan peragaan berbagai macam penanganan bencana yang ada di Indonesia. 



Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 



Admin

Penulis