Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BNPB Bekali Penyuluh Muda Keluarga Tangguh Bencana Pada Jambore Nasional XI

Dilihat 590 kali
BNPB Bekali Penyuluh Muda Keluarga Tangguh Bencana Pada Jambore Nasional XI

Foto : BNPB melalui Direktorat Kesiapsiagaan memberikan edukasi kebencanaan secara berkala dan berkelanjutan yang diwujudkan melalui pembekalan Keluarga Tangguh Bencana (KATANA), kepada Pramuka Penggalang atau setingkat siswa SMP perwakilan dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia . (Direktorat Kesiapsiagaan BNPB)


Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Direktorat Kesiapsiagaan memberikan edukasi kebencanaan secara berkala dan berkelanjutan yang diwujudkan melalui pembekalan Keluarga Tangguh Bencana (KATANA), kepada Pramuka Penggalang atau setingkat siswa SMP perwakilan dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Kegiatan yang dihelat di Buperta Cibubur Jakarta Timur itu sekaligus bertepatan dengan pelaksanaan Jambore Nasional XI 2022. 

Pembekalan keluarga tangguh bencana ini dilakukan selama 4 hari, yakni pada tanggal 15-16 dan 18-19 Agustus 2022, dimana setiap hari dibagi menjadi dua sesi pagi dan siang.

Pada setiap sesi disampaikan materi umum mengenai karakteristik bencana, pengenalan BNPB secara umum, pengenalan Keluarga Tangguh Bencana. Setiap sesi berisikan 30 peserta yang kemudian dibagi menjadi kelompok dengan masing masing kelompok beranggotakan 5 orang. 

Di samping itu, dilakukan pula penilaian tingkat pengendalian risiko keluarga, tindakan yang harus dilakukan ketika terjadi bencana, pengenalan tas siaga bencana, rencana evakuasi keluarga dan penentuan jalur evakuasi di lingkungan rumah.

Pada akhir sesi, peserta juga dilibatkan untuk mengikuti permainan dan yel yel untuk membakar semangat yang diakhiri dengan penyematan PIN Penyuluh Muda Keluarga Tangguh Bencana.

Dengan adanya pembekalan kepada pramuka penggalang diharapkan semakin banyak penyuluh muda keluarga tangguh bencana yang dapat mengedukasi anggota keluarga mengenai Kesiapsiagan keluarga sehingga terbentuk Keluarga Tangguh Bencana di Seluruh Indonesia.




Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 

Penulis

Admin


BAGIKAN