Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BNPB Apresiasi Berbagai Pihak Atas Penyelenggaraan Simulasi HKB 2021

Dilihat 167 kali
BNPB Apresiasi Berbagai Pihak Atas Penyelenggaraan Simulasi HKB 2021

Foto : Warga mengikuti simulasi evakuasi mandiri dari gempabumi dan tsunami dalam rangkaian kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) di Desa Gombolharjo, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (26/4). (Istimewa)


JAKARTA – BNPB mengapresiasi para penggiat kemanusiaan, organisasi penanggulangan bencana dan keluarga yang telah melakukan simulasi di Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) pada Senin lalu (26/4). Simulasi kebencanaan serentak berlangsung di seluruh Indonesia tepat pukul 10.00 waktu setempat. 

Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas partisipasi dan kontribusi dari segenap masyarakat Indonesia dalam memperingati HKB tahun 2021. Lilik mengatakan, semoga dengan kita melakukan  kegiatan sosialisasi, latihan evakuasi mandiri, uji alat peringatan dini dan uji shelter atau tempat evakuasi bisa meningkatkan kesiapsiagaan,  pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Merefleksikan simulasi atau latihan selama HKB, Lilik berharap berbagai pihak untuk menginformasikan kepada BNPB mengenai kegiatan yang telah dilakukan. 

“Kami mengajak semua yang terlibat untuk memberikan laporan kegiatannya,” ujar Lilik melalui pesan digital, Selasa (27/4).

Sementara itu, Sekretariat Panitia HKB 2021 akan menghimpun laporan pelaksanaan kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021 dalam bentuk file pdf disertai dengan video kegiatan (maksimal durasi 3 menit). Pihak panitia mengharapkan kesediaan berbagai pihak yang telah menyelenggarakan simulasi atau latihan untuk mengirimkan laporan singkat dengan format sebagai berikut:

1. Cover Laporan (nama kegiatan dan logo instansi penyelenggara)

2. Pendahuluan

3. Rangkaian kegiatan

4. Skenario latihan (jika melakukan latihan evakuasi mandiri)

5. Lokasi kegiatan

6. Waktu pelaksanaan kegiatan

7. Estimasi jumlah peseta yang terlibat

8. Hasil evaluasi dan perbaikan

9. Lampiran (surat himbauan, link berita/liputan kegiatan, foto kegiatan)

10. Penutup 


Kemudian laporan dapat dikirimkan dengan cara pengiriman melalui email Sekretariat Panitia HKB 2021 [email protected]. Laporan disertai lampiran, antara lain: 

a. Laporan kegiatan HKB 2021; 

b. Video kegiatan (durasi max 3 menit); 

c. Logo instansi/organisasi


Pengiriman via email mencantumkan dalam subyek email Laporan HKB 2021_(nama instansi/organisasi). Pihak panitia mengharapkan pengumpulan laporan tersebut dari tanggal 26 April hingga 30 April 2021. 

Sekretariat Panitia HKB 2021 menyediakan suvenir menarik bagi 10 finalis lomba video pendek kegiatan HKB 2021 dengan durasi 3 menit berasarkan laporan kegiatan yang dikirim melalui email panitia. Pengiriman suvenir akan dilakukan via pos oleh pihak panitia. 


Dr. Raditya Jati

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN