Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Angin Kencang Terjang Dua Desa di Kabupaten Bogor, Dua Rumah Rusak Berat

Dilihat 474 kali
Angin Kencang Terjang Dua Desa di Kabupaten Bogor, Dua Rumah Rusak Berat

Foto : Kondisi rumah warga yang rusak usai diterjang angin kencang di Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/6). (BPBD Kabupaten Bogor)



JAKARTA – Fenomena angin kencang menerjang pemukiman warga di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada Senin (6/6) pukul 21.00 WIB. Fenomena ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang menerjang dua desa yakni Desa Cinangka yang terletak di Kecamatan Ciampea dan Desa Cibalung di Kecamatan Cijeruk.

Hasil kaji cepat sementara, tercatat 2 KK / 12 jiwa terdampak dengan kerugian materil 2 unit rumah rusak berat. Kondisi ini mengakibatkan 1 KK / 6 jiwa terpaksa mengungsi karena atap rumah tersapu angin. Selain itu, fenomena ini juga mengakibatkan 1 unit jembatan rusak berat. 

BPBD Kabupaten Bogor menuju ke lokasi sesaat setelah kejadian guna melakukan kaji cepat. Koordinasi dengan instansi terkait juga terus dilakukan guna mempercepat penanganan darurat dan pembersihan material yang terbawa oleh angin kencang.

Melihat kondisi ini, diharapkan para warga meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Terlebih prakiraan cuaca BMKG untuk wilayah Bogor dua hari kedepan (10/6) berpotensi hujan ringan disertai petir pada siang hari.  

Menyikapi prakiraan cuaca dari BMKG, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk siap siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi seperti angin kencang. Apabila terjadi hujan disertai angin kencang, masyarakat dapat berlindung di dalam bangunan yang kokoh dan jangan berada di bawah pohon maupun papan baliho.


Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 


Penulis

Admin


BAGIKAN